Amirullah Achmad Nassardhi, pelajar SMA Negeri 1 Tarakan yang berhasil meraih Juara I Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2017 (Foto: Humas Kaltara)

Jakarta, bintangtimur.news – Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Tentang Penetapan Juara Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2017, Amirullah Achmad Nassardhi, siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tarakan, wakil Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) ditetapkan sebagai juara I Nasional event tersebut. Predikat juara ini merupakan prestasi membanggakan bagi provinsi termuda di Indonesia.

Amirullah berhasil meraih Juara I Nasional setelah berhasil menyisihkan 4 (empat) saingan terberatnya dengan total nilai 84,72. Adapun keempat saingan Amirullah masing-masing berasal dari provinsi perwakilan Lampung yang menempati peringkat II, Kalimantan Barat peringkat III, dan Jawa Timur peringkat IV, juara favorit putra.

Pemerintah Provinsi Kaltara melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memberikan apresiasi kepada Amirullah sekaligus berharap, pemerintah daerah setempat mendukung kreativitas dan inovasi yang digagas Amirullah.

“Amirullah mempresentasikan aplikasi ION SPOT atau Interface Visualization of Blackspot. Aplikasi ini memberikan efek visualisasi batas kecepatan jalan dan titik-titik rawan kecelakaan,” jelas Taupan Madjid, Kepala Dishub Kaltara, Kamis (12/10).

Aplikasi ini dioperasikan melalui perangkat telepon pintar. Di samping itu, aplikasi ION SPOT dilengkapi dengan sistem edukasi bagi parauntuk pengguna jalan raya, juga tentang pelanggaran lalu lintas yang didasarkan pada Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

“Penemuan Amirullah sangat membantu masyarakat juga pemerintah meminimalisir kecelakaan lalu lintas. Dengan demikian Pemda Kaltara patut mendukung pengembangan aplikasi ini bila perlu melalui penganggaran sehingga manfaatnya dirasakan.” ujar Taupan.

Pada event yang sama, setahun lalu, wakil Kaltara juga berhasil menorehkan prestasi dengan menduduki peringkat ketiga. Pencapaian Amirullah dapat menjadi contoh bagi pelajar lain di Indonesia untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dan berprestasi tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional. (AC)