Bintangtimur.id—Kupang—- Para pendeta petani mesti terlibat dalam pengelolaan dana desa, agar meminimalisir terjadinya penyelewengan keuangan desa. Selain itu, program pembangunan desa harus juga menjadi pergumulan pendeta dan jemaatnya.

Penegasan itu disampaikan Ketua Komisi V DPR RI Fary Francis, saat menutup kegiatan Pendeta GMIT Suka Tani, yang digelar 27-29 April 2017, di Sekolah Lapangan Nekamese. Kegiatan ini diikuti 50 pendeta GMIT. Hadir juga Ketua Pemuda Tani NTT Gabriel Beri Binna, dalam penutupan tersebut.

Dalam memotivasi para pendeta petani, Fary mengatakan, pendeta mesti mencintai pertanian, karena tani adalah asal mula setiap kita, dan tanah atau humus adalah esensi kita. Fary menambahkan, para pendeta petani juga harus mengenal karakter jemaatnya dan membangun jejaring dengan pemerintah maupun pihak lain untuk kepentingan petani-petani di kampung.

“Para pendeta petani juga harus bekerja sama dengan kepala desa, sehingga semua pelaksanaan pembangunan desa bisa bersinergi dengan baik,” ujarnya.

Fary juga meminta agar pendeta petani mesti akrab dengan kondisi dapur dan pasar jemaatnya, bukan hanya akrab di seputaran mimbar. “Pendeta atau tokoh agama ruang lingkupnya tidak sebatas mimbar, ruang sosiologisnya tidak terbatas altar, namun harus melampui mimbar dan altar menuju situasi dapur dan pasar jemaat,” tegasnya.

Fary meyakini, usai mengikuti kegiatan selama tiga hari, bisa memberi kontribusi positif buat pendeta petani, karena mereka sudah belajar pola pertanian modern seperti menanam tomat, cabai, kangkung, dan tanaman lainnya. “Jemaat yang rata-rata petani akan mendapatkan ilmu yang luar biasa ini, setelah pendeta petani kembali le tempat pelayanannya bersama jemaat,” ujarnya.

Untuk mendukung kegiatan pendeta petani pasca kegiatan, Fary langsung menyerahkan bantuan benih pertanian kepada semua pendeta petani.

Ketua Komunitas Pendeta Suka Tani Pendeta Jefry berterima kasih kepada anggota Majelis Sinode GMIT yang sudah memberikan motivasi, bantuan bibit, dan menggagas kegiatan ini.

“Kami tetap memgharapkan dukungan lanjutan dari Pak Fary, dalam rangka meningkatkan kegiatan pendeta petani di masing-masing tempat pelayanan kami,” ujarnya. (aps).