Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis, saat memantau jJembatan Petuk, beberapa waktu lalu.

Bintangtimur.news – Kupang – Kabar gembira bagi warga Kota Kupang. Jalur jalan lingkar luar Petuk – Penfui bakal dibuka untuk umum pada awal Januari 2018 ini. Saat ini, Balai Jalan X NTT, sedang mengerjakan pekerjaan terakhir di jalur tersebut.

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis, didampingi Kepala Balai Jalan X NTT Bambang Nurhadi, beberapa waktu lalu, memantau kondisi terakhir pengerjaan jalan dan jembatan yang dibangun dengan dana APBN.

Hasil pemantuan lapangan, Jembatan Petuk 1, Petuk 2 dan Petuk 3 telah selesai dikerjakan. Ada juga beberapa segmen jalan yang sedang dikerjakan, karena masih berupa grading operation (GO) sepanjang 1,1 Km. Dari total panjang 1,1 km itu, sepanjang 685 m baru dilakukan pembebasan lahan.

Menurut Wahyudi, dari Satker BPJN I, mereka sudah mengusulkan ke Pemerintah Pusat untuk peningkatan kondisi jalan dan kelanjutan pembangunan di tahun 2018. Namun belum disetujui anggarannya.

“Kebutuhan anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 22 miliar,” ujar Wahyudi.

Ketua Komisi V Fary Djemi Francis mengatakan, dia telah berkomunikasi langsung dengan Menteri PUPR terkait kebutuhan anggaran jalan tersebut dan dalam siklus perubahan anggaran akan dibahas bersama.

“Kita berharap anggaran ini segera turun, sehingga masyarakat bisa segera memanfaatkan fasilitas ini. Kita melihat, di tengah perkembangan Kota Kupang yang kian pesat, akses lingkar luar Kota Kupang adalah solusi untuk mencegah kemacetan sekaligus menjadi jalur alternatif bagi kendaraan-kendaraan bertonase besar. Bahkan menjadi jalur ringkas menuju bandara Eltari bagi wilayah Tenau, Bolok, Alak dan sekitarnya,” ungkapnya. (AM7)