Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi francis, saat mengunjungi Dermaga Waikelo.

Bintangtimur.news – Waikelo – Kunjungan terakhir Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francsi dan rombongan di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD). Salah satu agenda kunjungan adalah memantau kondisi terkini Pelabuhan Waikelo.

Rupanya, peran Ketua Komisi V DPR RI tidak main-main untuk Pelabuhan Waikelo. Dari sisi politik anggaran, sebagai wakil rakyat NTT dan Ketua Komisi V, Fary Francis telah mendorong dialokasikannya anggaran untuk pembangunan dan penataan pelabuhan Waikelo.

Tahun anggaran 2017 telah disetujiui anggaran senilai Rp10 M untuk pengerjaan persiapan dan pengerjaan perkuatan dermaga segmen II. Sedangkan pada APBN TA 2018 dianggarkan Rp44 M untuk pengerjaan dermaga segmen II, segmen III, pekerjaan perbaikan struktur atas dermaga multifungsi + plengsengan, pekerjaan trestle ke dermaga penumpang.

Menurut Fary, upaya percepatan pembangunan Pelabuhan Waikelo harus cepat dilakukan, karena, Pelabuhan Waikelo adalah urat nadi transportasi dan perekonomian masyarakat Sumba.

Pelabuhan ini disinggahi empat  kapal perintis, kapal perintis dari pangkalan Bima, kapal perintis dari pangkalan Kupang, kapal perintis dari pangkalan Waingapu.

Pelabuhan ini juga melayani kapal PT Pelni KM Wilis dengan kapasitas 2.620 GT yg singgah 2 kali dalam sebulan. Juga melayani kapal Ro – Ro dengan tujuan Waikelo – Sape – Labuan Bajo.

Mayoritas komoditi yang masuk antara lain semen, beras, pakan, ternak dan logistik lainnya. Sedangkan yang keluar seperti komoditi pertanian, ternak, hortikultura, dan lainnya.

“Ini yang membuat kita percepat anggarannya, agar pelayanan kepada masyarakat tidak mengalami hambatan,” ungkap Fary.

Menurut Fary, Waikelo akan semakin elok, jika hati dan komitmen para pihak terkait tidak berbelok, tetap lurus dan komit untuk membangun daerah dan masyarakat.

“Yang paling penting komitmen dan sinergisitas antara pemerintah, DPR, dan masyarakat dalam membangun daerah. Kalau kita memiliki jejaring di nasional, semua bisa kita lakukan,” ungkapnya. (AM7)