Dalam kunjungannya di bumi flobamora, Rini juga mengunjungi Desa Bipolo, sebuah desa kecil di Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, NTT. (Foto-dok: Tweeter Kementerian BUMN)

BINTANGTIMUR.NEWS, Kupang – Menteri BUMN Rini M Soemarno melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rangka memastikan kiprah PT PLN (Persero) dalam melistriki desa-desa terpencil di wilayah tersebut.

Dalam kunjungannya di bumi flobamora, Rini juga mengunjungi Desa Bipolo, sebuah desa kecil di Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, NTT. Desa ini adalah salah satu desa yang mendapatkan bantuan penyambungan listrik gratis melalui program PLN Peduli dalam rangkaian kunjungan Menteri BUMN di Kabupaten Kupang Barat.

“Dengan bantuan listrik di Desa Bipolo ini diharapkan akan mendorong kemajuan desa tersebut di segala bidang, dan terutama di bidang pendidikan,” kata Rini melalui keterangan pers, Selasa (6/3/2018).

Nah, di tahap awal, sebanyak 36 kepala keluarga (KK) di Desa Bipolo akan menikmati penyambungan listrik secara gratis bagian dari program desa berlistrik. Tercatat, hingga Desember 2017, dari 177 desa di Kabupaten Kupang, ada 149 atau 84,18% desa yang teraliri listrik.

Secara simbolis, pada kesempatan itu Rini juga menyalakan SMP Negeri 5 Sulamu, Kabupaten Kupang, NTT. Pelistrikan secara simbolis ini, juga menunjukkan keseriusan PLN sebagai bagian BUMN untuk dunia pendidikan. Selain itu, PLN juga memberikan bantuan pendidikan kepada 50 Mahasiswa Universitas Cendana dengan total Rp250 juta.

Rini bilang, BUMN hadir memberikan dukungan bagi perbaikan infrastruktur pendidikan melalui perbaikan sarana dan pra sarana sekolah dalam rangka mendorong perbaikan mutu pendidikan di tanah air, khususnya di daerah 3 T (tertinggal, terluar dan terdepan), termasuk salah satunya di provinsi Nusa Tenggara Timur.

Mantan Presiden Komisaris PT Semesta Citra Motorindo itu pun menegaskan, pendidikan menjadi salah saktu faktor penting dalam mendukung kemajuan suatu bangsa. BUMN sebagai agen pembangunan dan perpanjangan tangan pemerintah memiliki andil dalam mendukung kemajuan Pendidikan di Tanah Air.

“Perbaikan sekolah rusak dan pendirian sarana pendukung lainnya merupakan wujud nyata kepedulian BUMN bagi perbaikan Pendidikan di NTT,” ungkap Rini.

Disis lain, Direktur Human Capital Managemen PLN Muhamad Ali mengungkapkan, PLN akan turut serta membangun bangsa, yang salah satunya melalui peningkatan infrastruktur kelistrikan. Selain menggenjot program 35.000 MW, PLN juga tengah mengebut pembangunan listrik desa. untuk tahun 2018 target desa terang di NTT dengan penambahan hingga 568 desa baru berlistrik.

“Khusus untuk bantuan di Bipolo, Kabupaten Kupang bantuan awal yakni pemasangan gratis untuk 36 rumah warga senilai Rp72 juta dan bantuan pendidikan senilai Rp250 juta,” ungkap Muhamad Ali kala mendampingi Menteri BUMN.

Muhamad Ali juga bilang, dalam rangkaian kunjungan kerja tersebut PLN akan memberikan bantuan penyambungan listrik gratis untuk 305 KK di Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur dan 21 KK di Desa Waewuring, Pulau Adonara.

Sementara, terkait Kunjungan kerja Menteri BUMN selama dua hari  ini di bumi flobamora, adalah bentuk dukungan Kementerian BUMN terhadap perbaikan infrastruktur dasar seperti kelistrikan, sarana air bersih, dan perbaikan infrastruktur pendidikan bagi masyarakat NTT.

Dikabarkan, Menteri Rini juga direncanakan bakal meninjau langsung Rumah Kreatif BUMN di Kota Kupang sebagai bentuk dukungan BUMN bagi UKM-UKM lokal untuk terus berkembang dan mendorong peningkatan ekonomi daerah.

Selain mengunjungi Kupang, di NTT, Menteri Rini pun dijadwalkan melihat dari dekat hasil kerja sinergi BUMN di Kabupaten Larantuka dan Kabupaten Adonara. (RFN)