foto : istimewa
Bintangtimur.news – Kupang – Seorang siswa SMAN 3 Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, meraih nilai sempurna 100 untuk mata pelajaran matematika dalam ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Seperti dirilis mediaindonesia.com, Kepala SMAN 3 Kupang Selfiance Dethan di Kupang, Kamis (3/5), mengatakan, sebagian kecil siswanya meraih nilai matematika antara 70-95, namun banyak di antara mereka meraih nilai di atas kurang dari 60. Sedangkan nilai terendah 20-30.

“Nilai matematika siswa beda-beda di dalam satu kelas, ada yang tertinggi dan ada yang rendah,” kata Selfince.

Dia menyebutkan rendahnya nilai matematika siswa sedang dievaluasi. Pasalnya seluruh siswa yang ada di dalam satu kelas mendapat pelajaran yang sama dari guru yang sama, namun ada yang meraih nilai di atas 90-100, tetapi ada yang meraih nilai terendah.

“Ini cambuk bagi guru dan orang tua. Mungkin anak-anak tidak konsentrasi mengikuti pelajaran,” ujarnya.

Menurut dia, satu ruang kelas di sekolah tersebut terdapat 40 siswa. Akibatnya, dia mengakui, kontrol terhadap siswa kemungkinan tidak maksimal.

Jika siswa mengikuti pelajaran dengan baik, serta belajar dengan tekun, menurut dia, nilai saat ujian nasional lebih baik. “Mengapa di satu kelas ada siswa dapat nilai 100 dan yang lainnya rendah,” tanyanya. (AM7/mediaindonesia.com)