ilustrasi diambil dari Nyokabar,com


Bintangtimur.news – PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Fery Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur, menutup sementara tiga rute pelayaran akibat cuaca buruk dari siklon tropis kenanga, yakni rute pelayaran Kupang-Larantuka, Kupang-Sabu, dan Kupang-Aimere. Sementara itu, rute lainnya tetap beroperasi seperti biasa.

“Rute lain tetap beroperasi normal, tetapi kita majukan jadwal rute pelayaran, seperti rute Kupang-Rote dari biasanya pukul 09.00 Wita dimajukan ke pukul 06.00 Wita,” kata Kepala PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang, Burham Zahim, kepada Media Indonesia, kemarin.
Menurutnya, rute ke Kupang-Larantuka tutup sejak 15 Desember dan rute Kupang-Aimere tutup 17 Desember. Sesuai dengan rencana, dua rute ini akan beroperasi kembali pada Kamis (20/12) setelah cuaca di perairan kembali normal.

Sebelumnya pada 14 Desember lalu, ASDP juga menutup rute Kupang-Kalahabi akibat gelombang tinggi di Selat Ombai, dibuka lagi Selasa (18/12).

Akibat penutupan pelayaran ini, jelas Burhan, tidak berdampak terhadap penumpuk­an penumpang di pelabuhan karena penumpang bisa mengunakan moda transportasi lain, seperti pesawat dan kapal-kapal Pelni.

“Kami berkoordinasi dengan BMKG, jika cuaca buruk, kami batalkan pelayaran. Kalau kembali normal, dibuka kembali. Keselamatan pelayaran nomor satu,” tandasnya. (AM7/*)

sumber:mediaindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here