Sumber photo Ilham Dwi Ridlo Wancoko/Jawa Pos

Bintangtimur.news, Kalimantan Barat– menyusuri salah satu titik di sisi kiri Border PLBN Entikong bersama Tim Patroli Polsek Entikong. Awalnya, tidak tampak adanya jalan tikus di sisi kiri itu. Namun, begitu menaiki sebuah bukit semak yang terjal tampak sebuah pagar berwarna hijau.

Perbatasan Indonesia-Malaysia di Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar) memiliki masalah besar dengan penyelundupan. Mulai dari penyelundupan narkotika, miras, hingga rokok tanpa cukai. Dalam melancarkan aksinya, para pelaku melewati jalur-jalur tikus.

Saat JawaPos.com berada di Entikong bersama polisi, melihat setidaknya ada 19 jalur tikus yang biasa digunakan para penyelundup. Letaknya, di Kabupaten Sanggau yang tersebar di dua kecamatan yakni Entikong dan Sekayam.

Sesuai data Polres Sanggau, di Entikong terdapat sembilan jalur tikus. Yakni Border Pos Lintas Batas Negara (PLBN), Sisi kanan Border PLBN, Sisi kiri border PLBN, Peripin, Gun Tembawang, Suruh Tembawang, Pala Pasang, Mangkau dan Panga.

Untuk jalur tikus di Sekayam terdapat 10 titik. Terdapat di Bantan, Segumun, Lubung Tengah, Sei Tekam 1, Sei Tekam 2, dua titik di Sei Beruang, Guna Banjir I, Guna Banjir 2 dan Tapang Peluntan.

Di tengah-tengah pagar, terdapat sebuah lubang dengan diameter sekitar 1 meter. ”Lubang itu berulang kali diperbaiki, namun berulang kali juga rusak,” tutur Kasubsektor Polsek Entikong Ipda Nursalim, Kamis (9/11).

Semakin dalam melewati jalur tikus, tampak di titik penyelundupan lainnya. Ada lubang lain yang juga biasa digunakan untuk memasukkan barang dengan cara ilegal. ”Lubang itu terhubung dengan yang sebelumnya. Jalur tikus itu menuju ke Tebedu, Malaysia,” Jelasnya.

Jalur tikus tersebut berulang kali digunakan untuk menyeludupkan narkotika, miras dan barang-barang lainnya. ”Pernah ada penangkapan 3 kg sabu yang diselundupkan lewat jalur ini,” ujarnya.

Namun, ada pula masyarakat yang menggunakan jalur tikus tersebut karena hanya menghindari pemeriksaan. Biasanya, ada warga yang bekerja di Malaysia. ”Dia tukang kebun, untuk pulang ke Entikong dia lewat jalur ini karena membawa mesin potong. Aturannya, kalau membawa barang tertentu harus mendapat izin dulu,” jelasnya.

Untuk informasi, Entikong merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Indonesia. Entikong memiliki jalur perbatasan darat dengan Malaysia khususnya Sarawak. Wilayah Entikong memiliki luas 506,89 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 13.346 jiwa.Untuk informasi, Entikong merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Indonesia. Entikong memiliki jalur perbatasan darat dengan Malaysia khususnya Sarawak. Wilayah Entikong memiliki luas 506,89 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 13.346 jiwa. (ARS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here