Bintangtimur.id, Kupang — Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Lakaan, yang diresmikan Ketua Komisi V DPR RI Fary Francis tanggal 10 Mei 2017 lalu, siap beroperasi reguler. Manajemen Angkutan Sungai Danau dan Pelabuhan (ASDP) sudah merilis jadwal resmi pelayaran KMP Lakaan Kupang-Naikliu setiap Jumat.

“Memang betul, saya mendapat informasi dari manajemen ASDP bahwa jadwal Kapal Lakaan setiap hari jumat melayani Kupang- Naikliu. Setiap jam 09.00 wita dari Kupang dan 13.00 wita dari Naikliu,” ujar Ketua Komisi V DPR RI Fary Francis kepada bintangtimur.id, Jumat (8/6).

Fary meminta kepada manajemen ASDP untuk mensosialisasikan ke masyarakat berkaitan dengan jadwal pelayaran tersebut.

“Sosialisasi harus intens dilakukan sehingga banyak warga yang tahu. Kalau sudah tahu, tentu jasa Kapal Lakaan pasti digunakan,” tegasnya.

Fary kembali menegaskan, pelayanan Kapal Lakaan jangan seperti KMP Timau yang pernah ke Naikliu, namun sampai saat ini berhenti.

“Masyarakat jangan terus dikecewakan. Pelayanan Kapal Lakaan ini harus menjadi jadwal reguler, dan tidak ada berhentinya, kecuali force major. Saya akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan agar Lakaan selalu setiap melayani Kupang-Naikliu,” ungkapnya.

Fary berharap, kepada seluruh warga Kupang dan Naikliu agar memanfaatkan jasa Kapal Lakaan ini dengan baik. “Masyarakat diminta jaga bersama kapal ini, sehingga bisa konsisten melayani siapa saja yang menggunakan fasilitas ini,” ujarnya. (iso)