Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. (Foto-Dok: Istimewa)

BINTANGTIMUR.NEWS, Jakarta —  Kabarnya, tahun ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal menggelontorkan anggaran lebih dari Rp 120 miliar untuk merealisasikan program padat karya di Maluku.

Seperti diakui oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, bahwa anggaran tersebut digunakan untuk beberapa program padat karya.

Lantas, Basuki pun menjelaskan, Pertama Rp 12,73 miliar, untuk melaksanakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di 55 lokasi. Kedua, sebesar Rp 32,1 miliar, untuk pemeliharaan jalan nasional.

“Selain itu, ada Rp 12,6 miliar untuk pengembangan infrastruktur sosial dan ekonomi wilayah di 21 wilayah Maluku,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/2).

Informasinya, juga anggaran itu digelontorkan untuk program padat karya perumahan dan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Nah, untuk program tersebut, Kementerian PUPR masing-masing menggelontorkan anggaran Rp 52,5 miliar dan Rp 13,7 miliar.

Disisi lain, Presiden Jokowi pun berharap betul, pelaksanaan program padat karya bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya di desa. Sehingga, dengan digelontorkannya dana tersebut, daya beli masyarakat dapat membaik dan infrastruktur terbangun.(RFN)