foto : konfrontasi

Bintangtimur.news – Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, dana pinjaman dari China Development Bank (CDB) akan cair di kuartal I tahun ini. Adapun dana ini akan digunakan untuk membiayai pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Menurutnya, saat ini hanya menunggu penyelesaian beberapa kendala untuk pencairan dana. Setelah kendala selesai dalam waktu dekat maka dana diharapkan cair juga.

 

“Sekarang memang ada beberapa dokumen yang harus diselesaikan dengan perbankan (SDB). Ya kita harapkan Maret kali,” ungkapnya di Kemenko Perekonomian, Senin (19/2/2018).

Rini menjelaskan, meski dana dari CDB saat ini belum cair tapi proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah berjalan. Karena konsorsium kereta cepat Jakarta-Bandung sudah mengeluarkan sejumlah modal untuk pembangunan proyek tersebut.

“Iya kita harapkan (cair Maret). Tetapi pada dasarnya ini sudah jalan ya karena kita semua sudah masukkan modal ya. Dari pihak sana sudah masukkan modal, dari kita sudah. Cuma jumlahnya tanya ke tim soalnya lupa,” jelasnya.

Dia juga menyatakan, dari China untuk saat ini belum dibutuhkan sehingga menunggu hingga Maret tidak menjadi masalah. Adapun dana yang cair sekitar Rp6 triliun.

“Kalau jumlah yang di disburs kan dibicarakan disburs pertama itu sekitar USD500 juta atau Rp6 triliunan lah. Tapi sekarang ini belum dibutuhkan karena masih menggunakan modal yang ada, baik dari partner kita China atau dari kita,” tukasnya. (okezone/com/AM7)