Rencana diterapkannya kebijakan ganjil genap di Jagorawi karena diminta oleh sejumlah pihak. Selain, Jagorawi, sebelumnya juga Budi Karya mengatakan ruas tol Tangerang-Jakarta juga akan diberlakukan ganjil genap. (Foto-dok:Istimewa)

BINTANGTIMUR.NEWS, Jakarta. – Rencananya, Pemerintah bakal menerapkan peraturan ganjil-genap di ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi alias Jagorawi. Lantaran, kepadatan di ruas tol Jagorawi ini, pun hampir sama dengan tol Cikampek.

Nah, menyoal tersebut, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkapkan, rencana diterapkannya kebijakan ganjil genap di Jagorawi karena diminta oleh sejumlah pihak. Selain, Jagorawi, sebelumnya juga Budi Karya mengatakan ruas tol Tangerang-Jakarta juga akan diberlakukan ganjil genap.

Sayang, Menhub belum bisa pastikan, kapan aturan ini bakal berlaku di tol Jagorawi dulu atau Tangerang. Sebab, menurut Budi, sekarang ini pihaknya masih melakukan kajian.

“Kami melihat akan mengerjakan (peraturan ganjil genap) di ruas Jagorawi dulu atau Tangerang, karena dua jalur ini sudah diminta untuk diterapkan kebijakan tersebut,” kata Budi di Jakarta, Rabu (14/3).

Belakangan, Budi menegaskan, aturan ganjil genap ini tidak akan diberlakukan bersamaan antara Jagorawi dan Jakarta-Tengerang. Tujuannya ialah, untuk melakukan evaluasi lebih dahulu.

“Kami akan lakukan prioritas, katakanlah bulan depan satu tempat dan bulan berikutnya tempat lainnya,” ujar Menhub.

Sedangkan untuk Jakarta-Depok pihaknya tidak akan menerapkan skema pengaturan lalu lintas serupa, karena kondisi lalu lintas dan inftastrukturnya berbeda. (RFN)