Ilustrasi Kapal Navigasi . Foto : istimewa

Bintangtimur.news – Kupang – Sesuai jadwal, hari ini, Kamis (22/3), Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis menyerahkan Kapal Navigasi yang baru untuk NTT. Kapal baru ini kapasitas kecepatannya dua kali melebihi kapal navigasi yang dimiliki NTT saat ini.

Fary Francis, saat dihubungi Bintangtimur.news, membenarkan bahwa hari ini, dia akan menyerahkan kapal navigasi tersebut di, Pelabuhan Tenau, Kupang.

“Memang betul saya akan menyerahkan langsung kapal ini di Kupang,” ungkap anggota DPR RI asal NTT ini.

Menurut Fary, NTT sebenarnya sudah memiliki kapal nivigasi, setelah dipantau, kondisinya sudah termakan usia. Mencermati geografis NTT yang kepulauan, maka dibutuhkan kapal navigasi yang baru dan kekuatannya harus lebih bagus dari yang lama.

“Setelah ada usulan dari Navigasi Kupang untuk pengadaan kapal baru, sebagai anggota DPR RI asal NTT kita langsung kawal untuk diperjuangkan. Awalnya respon Kementerian Perhubungan lamban, sehingga saya langssung cek dan berkomunikasi dengan Pak Menteri, bahwa NTT sangat membutuhkan kapal navigasi yang baru.  Bersyukur, perjuangan ini cepat direspon, sehingga kapal ini bisa diserahkan hari ini,” ungkap Fary.

Ketua Fraksi Gerindra MPR RI ini berharao, dengan adanya kapal navigasi yang baru ini, kinerja kantor navigasi Kupang harus lebih bagus lagi dari yang sudah bagus saat ini.

“Saya berpesan kapal negara ini dapat dijaga dan dirawat dengan baik agar kondisi teknisnya terus terjaga sehingga bisa diandalkan ketika menjalankam tugas kenavigasian,” ujarnya.

Informasi yang diperoleh bintangtimur.news, kapal navigasi terbaru ini memiliki spek terbagus.

Nama Kapal                           : KM NIPA

Panjang Keseluruhan Kapal      : 60 Meter

Lebar Kapal                             : 12 Meter

Syarat Maksimun                     : 3,5 Meter

Mesin Induk                             : Yanmar

Kekuatan                                  :2×2600 HP

Kecepatan Maksimum                : 15 Knot

Maksimun Putaran Mesin            : 2×750 RPM

Peralatan Navigasi                      : GPS, ECDIS, Radar (X Band), Radar (S Band), GPS

Plotter,  Steering Wheel, Auto Pilot, Echo Sounder,

Speed LOG (AM7)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here