Pada awalnya target jumlah penumpang Bandara Internasional Jawa Barat pada tahun pertama operasinya awalnya sebanyak 2,7 juta orang, namun direvisi setelah ada pengunduran jadwal operasi yang tadinya direncanakan Januari 2018 menjadi Juni 2018. (Foto-dok:Istimewa)

BINTANGTIMUR.NEWS, Bandung. – Kabarnya, PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) berharap betul, agar Bandara Kertajati yang terletak di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka bisa melayani arus mudik Lebaran 2018, mendatang.

“Kami berharap ada keberkahan dari mudik tahun ini, terus ada libur sekolah, ada libur akhir tahun, untuk umrah dan haji juga. Kami sudah simulasikan untuk jadi penumpang,” kata Dirut PT BIJB Virda Dimas Ekaputra, di Terminal Kedatangan Domestik BIJB, di Kabupaten Majalengka, Rabu (28/3), kemarin.

PT BIJB, kata Virda, menargetkan sekitar 2,4 juta penumpang pada tahun pertama operasional bandara kebanggaan Jawa Barat dan operasional bandara ini diproyeksikan pada Juni 2018.

Virda bilang, pada awalnya target jumlah penumpang Bandara Internasional Jawa Barat pada tahun pertama operasinya awalnya sebanyak 2,7 juta orang, namun direvisi setelah ada pengunduran jadwal operasi yang tadinya direncanakan Januari 2018 menjadi Juni 2018.

Oleh sebab itu, menurut Virda, dengan mundur jadwal tersebut berpengaruh terhadap hitungan target penumpang, dari target awal sekitar 2,7 juta menjadi 2,4 juta penumpang tahun pertama operasinya.

“Jadi target penumpang ini mengalami beberapa revisi. Asumsi dalam FS kami buat beroperasi Januari 2018, tapi mundur karena ada beberapa kendala. Sekarang operasi direncanakan Juni, sehingga kami skenario ulang lagi dari 2,7 juta jadi 2,4 juta,” ujar Virda.

Lantas, selain itu juga Bandara Internasional Jawa Barat juga siap melayani penerbangan ibadah haji dan umrah pada tahun pertama operasionalnya.

“Potensi haji dan umrah di Jawa Barat sangat besar. Alhamdulillah kemarin dari Dirjen Haji sudah berkunjung dan kaget dengan kondisi serta progres pembangunan BIJB. Untuk melayani haji dan umrah kami sudah siapkan lantai 3 bandara ini,” pungkas Virda. (RFN)