Ketua DPP Pemuda Tani Indonesia Fary Djemy Francis saat menyerahkan pataka Pemuda Tani kepada Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia Sulawesi Utara Cynthia Erkles. (Foto-dok:Bintangtimur.News)

Bintangtimur.News, Manado – Ketua umum DPP Pemuda Tani Indonesia Fary Djemy Francis melantik Pengurus DPD Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Periode 2018 – 2023, di Balai Desa Warukapas Kecamatan Dimembe, Minahasa Utara.

Cynthia Erkles terpilih sebagai Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sulawesi Utara.  Cynthia terpilih karena dikenal sebagai tokoh muda penggiat pertanian, khususnya sektor perikanan air tawar. Wanita yang juga merupakan Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Utara ini memiliki banyak bisnis di bidang pertanian. Selain itu, Chynthia juga aktif membina masyarakat dalam sektor perikanan air tawar.

Selain pelantikan, Fary juga meresmikan Pusat Pelatihan Perikanan Pemuda Tani Indonesia. Hadir dalam acara ini Direktur Pendayagunaan Sumber Daya Alam PSDA dan Teknologi Tepat Guna Kemendes PDTT Suprapedi, Staf Ahli Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Bidang Pengembangan Wilayah Condrat Hendarto serta Perwakilan Pusat Penyuluhan Pertanian Kementerian Pertanian Welyana Sitanggang. Hadir pula Pengurus Pusat Pemuda Tani Indonesia yaitu Bendaha Umum Ade Rezky Pratama, Ketua Harian Suroyo, Ketua OKK Pipink A Bisma dan Ketua Advokasi Charles Lumban Gaol

Dalam sambutannya, Fary sangat bangga terhadap Chynthia. Selain wanita pertama yang menjadi Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia, Chynthia juga sudah berperan banyak untuk pertanian Sulawesi Utara khususnya Daerah Minahasa.

Fary berharap Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sulawesi Utara segera melakukan konsolidasi dan menyusun program yang aplikatif sebagai pemicu semangat bagi Pemuda Sulut untuk bertani.

Selain itu, Fary juga sangat bersyukur Pusat Pelatihan Perikanan sudah di resmikan dan dapat segera berjalan untuk memberikan pelatihan bagi pemuda untuk bertani ikan. Menurutnya, kehadiran pusat pelatihan perikanan ini diharapkan dapat meningkatkan minat pemuda untuk bertani pada sektor perikanan.

“Melalui pelatihan di pusat pelatihan ini, nantinya para siswa diharapkan mampu melakukan kegiatan bertani ikan dari mulai teknis budidaya sampai ke strategi pemasaran”, lanjutnya. “Ini merupakan komitmen Pemuda Tani Indonesia dalam mendorong Pemuda Bangsa untuk bertani.”

Sementara Chynthia berjanji akan meningkatkan minat pemuda untuk bertani dan menjadikan petani sebagai profesi yang menjanjikan. Dirinya mewakili pengurus dan pengelola pusat pelatihan perikanan Warukapas sangat terharu bahwa DPP Pemuda Tani Indonesia mempercayakan pusat pelatihan perikanan pada mereka.

“Kami akan membuat silabus yang lengkap baik praktek maupun teori guna menciptakan pemuda yang handal dalam bertani ikan. Kami akan terus berkoordinasi dengan stakeholder guna meningkatkan kualitas pelatihan bentukan DPD Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sulawesi Utara ini,” ungkapnya.

DPP Pemuda Tani Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan bantuan permodalan uang tunai senilai Rp 50 juta dan bantuan bioflok untuk budidaya perikanan air tawar senilai Rp 200 Juta kepada Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sulawesi Utara bersama Pemerintah Desa Warukapas.

Menurut Suprapedi, hal ini dilakukan karena mereka melihat semangat dan potensi dari DPD Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sulawesi Utara dalam mengelola pusat pelatihan perikanan. (AM7/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here