Ketua Komisi V DPR RI fary Djemi Francis bersama Bupati Sumba Barat dan mitra kerjanya memantau lokasi yang akan dibangun Dermaga di Sumba Barat.

Bintangtimur.news – Waikabubak –  Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumba Barat, NTT, Jumat (10/8). Fary dan mitra kerjanya mengunjungi beberapa desa di Kabupaten Sumba Barat.

Selain untuk melihat secara langsung program pembangunan infrastruktur di daerah ini, beliau juga berdialog dengan warga setempat untuk mendengarkan aspirasi warga.

Menurut Staf Khusus Fary Francis Isidorus Lilidjawa,  tahun lalu saat ke Sumba Barat, Bupati menitipkan beberapa harapan dan aspirasi kepada Wakil Rakyat NTT ini.

Pertama, Ketua Komisi V diminta untuk turut mendorong dan memperjuangkan pembangunan pariwisata. Karena, Kabupaten Sumba Barat terkenal karena potensi-potensi pariwisata yang mendunia. Ada pantai Nihiwatu. Ada atraksi pasola, ada atraksi budaya. Karena pariwisata butuh dukungan infrastruktur, Fary Francis sungguh memperjuangkan infrastruktur pariwisata.

“Tahun ini jalan menuju Nihiwatu sudah mulai dibangun dengan dana APBN dan akan diperjuangkan lagi untuk tahun berikutnya. Pariwisata butuh infrastruktur. Di Sumba hal ini sedang menggeliat,” ungkapnya.

Lilidjawa menambahkan, pekerjaan rumah kedua adalah mendorong pembangunan arena pahola di Wanokaka. Sudah cukup lama pasola Wanokaka digelar di tempat yang kurang representatif.

Untuk itu, Ketua Komisi V dan Pemda setempat memperjuangkan lokasi baru di desa Pahola. Tahun lalu arena pasola yang baru sudah dibangun tahap pertama. Saat ini pembangunan tahap kedua sudah mencapai 60 persen. Di arena pasola yang baru kondisinya lebih representatif dan akomodatif.

“Kita berharap nilai jual pariwisata pasola semakin tinggi karena dukungan fasilitas-fasilitas yang memadai,” ujarnya.

Aspirasi yang ketiga adalah memperjuangkan sarana air bersih untuk Sumba Barat. Sampai saat ini pihak Cipta Karya sedang membantu mendesain pembentukan Perusahaan Daerah Air Minum. Selain itu, wakil rakyat NTT ini mendorong pembangunan embung-embung untuk masyarakat.

Berbagai sumur bor dibangun untuk mengatasi persoalan air bersih. Untuk membantu pengembangan pertanian, program irigasi desa didorong. Tahun depan puluhan desa di Sumba Barat akan diintervensi Program Petani Pemakai Air Irigasi (P3TGAI).

Siang kemarin, Ketua Komisi V DPR RI bertemu Bupati Sumba Barat. Satu aspirasi diberikan lagi yakni memperjuangkan perbaikan dan pembangunan dermaga Rua di Wanokaka. Dermaga ini secara existing sudah ada. Tetapi ada kerusakan di segmen tertentu.

Tuntutan pariwisata saat ini, banyak wisatawan luar negeri mau memanfaatkan dermaga itu untuk menambat kapal-kapal pesiar mereka. Ini tuntutan pasar pariwisata yang mesti direspon.

Petang kemarin bersama Bupati dan pihak Kementerian Perhubungan, beliau langsung meninjau lokasi dermaga Rua untuk melihat dari dekat. Secara teknis pihak perhubungan diminta untuk melakukan kajian dan segera mengusulkannya.

“Pekerjaan rumah itu aspirasi sekaligus inspirasi. Semuanya butuh komitmen dan inilah komitmen Ketua Komisi V DPR RI, wakil rakyat NTT untuk Sumba Barat,” pungkasnya. (AM7)