Ketua Komisi v DPR RI Fary Djemi Francis saat memantau salah satu proyek Infrstruktur di Pulau Sumba yang memakai alokasi anggaran APBN, Jumat 10/8) foto: isidorus Lilidjawa

Bintangtimur.news – Wakabubak – Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis mengatakan, 20 desa di Pulau Sumba akan mendapat bantuan anggaran pembangunan  desa dari Direktorat Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebesar Rp 3,9 miliar.

Dana itu diperuntukkan untuk pembangunan irigasi di sejumlah desa di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Menurut Fary, dana sebesar itu akan dibagikan ke petani di 20 desa di tiga kabupaten yakni Sumba Barat Daya, Sumba Barat serta Sumba Tengah.

“Setiap desa terdapat satu sampai tiga kelompok. Setiap kelompok mendapatkan anggaran Rp 195 juta, guna membangun irigasi untuk membantu para petani,” sebut Fary,  Jumat (10/8).

Saat menyampaikan hal itu, Fary didampingi Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole dan Kepala Balai Sungai Wilayah Nusa Tenggara II Agus Sosiawan. “Bantuan yang diberikan ini merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat desa,” imbuh Fary.

Sejumlah kelompok petani yang sudah memanfaatkan anggaran itu, nantinya akan mengikuti program pemberdayaan masyarakat. Namun, bagi yang tidak menghasilkan karya, secara otomatis bantuan akan disetop pada anggaran 2019.

“JIka ada kelompok yang berhasil akan diberi hadiah. Hadiahnya adalah akan kembali melanjutkan program tersebut,” kata Fary. (AM7/sumber : kompas.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here