bintangtimur.id – Atambua

Kejujuran harus dimiliki  pemain, pengurus, pengelola  sepakbola di Indonesia. Tanpa kejujuran, nilai sebuah prestasi tidak akan dihargai.
Untuk itu, semua pemain sepakbola di Indonesia harus memiliki nilai kejujuran. “Saya berharap betul agar para pemain sepakbola yang sudah mengikuti soccer camp SSB Bintang Timur ini, harus mengutamakan kejujuran dalam berbagai aktifitas. Kejujuran harus menjadi modal utama semua pemain,” ujar Instruktur soccer camp Coach Bert Pentury, dalam acara penutupan soccer cam SSB Bintang Timur, di aula SSB Bintang Timur, Sabtu (7/1).

Menurut Coach Bert, saat ini masih ditemukan pengelolaan sepakbola yang tidak jujur. Buktinya, masih banyak pengelola sepakbola yang melakukan penipuan umur demi meraih prestasi sebagai juara dalam sebuah event sepakbola.
“Saya sangat bangga saat ketemu tim Indonesia di Belanda yang menjuarai salah satu event sepakbola. Saya kemudian menjadi sangat sedih, saat mengetahui bahwa tim yang juara tersebut melakukan penipuan umur. Ini kondisi yang sangat memalukan,” tegasnya.
Dia menilai, tindakan penipuan umur harus segera dihilangkan dari sepakbola Indonesia. Upaya yang harus dilakukan adalah sejqk usia dini penertiban administrasi pemain harus dilakukan. “Jujur, jujur, jujur. Itu yang paling utama, agar juara yang diraih dihargai dengan baik oleh orang lain,” ungkapnya.

Pendiri SSB Bintang Timur Fary Francis, saat menutup soccer camp mengatakan, kegiatan ini tidak akan berhenti sampai di sini. Soccer camp akan terus dilakukan dengan teknik dan pola yang berbeda. “Kita tetap melakukan berbagai kegiatan dalam kerangka membangun prestasi sepakbola NTT dan Indonesia,” ujarnya.
Menurut Ketua Komisi V DPR RI ini, kejujuran yang disampaikan Coach Bert harus dilakukan semua peserta soccer camp. “Tidak ada prestasi sepakbola yang baik tanpa ada nilai kejujuran didalamnya. Kita tdak bisa pungkiri, tim yang berkualitas berarti tim yang dibangun dalam fondasi kejujuran,” ujar Fary.

Dia berharap, semua peserta soccer camp harus memiliki sifat dan karakter yang sama dalam berbagai aktifitas. Apa yang didapat dalam soccer camp harus diterapkan dalam kehidupan keluarga dan masyarakat
“Saya berharap semangat soccer camp harus bisa diwujudkan dalam kehidupan di rumah masing2. Kekerabatan, kekeluargaan, semangat kejujuran, pertemanan, harua menjadi komitmen semua pemain yang berada dalam manajemen SSB Bintang Timur,” ungkapnya. (Aps).