Kamu tahu pulau Timor enggak? Pasti pernah dengar, dong. Pulau Timor termasuk ke dalam dua negara, yaitu Timor Leste dan Indonesia. Bagian pulau Timor yang masuk wilayah Indonesia adalah yang sebelah barat, ini adalah bagian dari Kepulauan Nusa Tenggara. Apa ada wisata yang menarik di pulau Timor? Banyak! Penasaran, kan? Yuk kita simak satu per satu.

 

1. Mural Cantik di Kota Kupang

 

Kupang adalah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nusa Tenggara Timur atau NTT terdiri dari tiga pulau besar, yaitu Flores, Timor, dan Sumba. Selain tiga pulau tersebut, masih ada beberapa pulau lainnya yang juga kesohor pesonanya. Sebut saja Pulau Lembata, Sabu, dan Alor.

Selain Pantai Lasiana, wisata kuliner (makanan laut, jagung bose dan se’i), kota dengan Bandar Udara El Tari ini memiliki satu tempat unik yang bisa kalian datangi. Masih termasuk kawasan Kota Tua Kupang, di pinggir pantai ada kawasan mural yang super seru. Foto-foto di sini dijamin hasilnya cihuy banget. Letaknya tidak jauh dari Teddy’s Bar.

 

Mural di Kota Tua Kupang
Mural di Kota Tua Kupang

 

2. Pantai Oetune

 

Pantai ini terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan dibutuhkan waktu kurang-lebih 2-2,5 jam perjalanan dari Kota Kupang. Keunikan Pantai Oetune, selain garis pantainya panjang, pantai ini memiliki gurun pasir. Cocok untuk yang suka main pasir dan pengin berfoto ala-ala di gurun pasir.

Setelah main air, main pasir, dan foto-foto, jangan lupa mencoba buah lontar yang ditawarkan anak-anak setempat. Selain berjualan buah lontar, mereka biasanya juga menjajakan kelapa muda.

 

Padang pasir di Pantai Oetune
Padang pasir di Pantai Oetune

 

3. Pantai Kolbano

 

Air laut yang super biru dan pantai berbatu (iya, batu, bukan pasir) adalah dua hal yang membuat Pantai Kolbano sangat layak untuk dikunjungi. Selain itu, di sebelah kanan (jika kamu menghadap ke arah pantai) ada tebing yang aman untuk kamu panjat dan pemandangan dari sana, dijamin indah sekali.

Jarak tempuh dari Kota Kupang ke pantai ini adalah 3 jam, sayangnya belum ada penginapan di sekitar Pantai Kolbano. Pantai ini juga masuk dalam Kabupaten Timor Tengah Selatan.

 

Pantai Kolbano dari atas tebing
Pantai Kolbano dari atas tebing

 

4. Gua Kristal

 

Gua cantik ini terletak 30 menit dari Kota Kupang. Yang sedikit lucu adalah akses jalan menuju gua Kristal ini melewati bagian belakang proyek pengerjaan kompleks perumahan. Gua ini memiliki kolam alami di dalamnya dan wajib hukumnya untuk berenang di sini karena menyegarkan sekali.

Jangan lupa untuk berhati-hati ketika turun menuju kolam alami, beberapa batu pijakannya agak licin. Oh ya, disarankan untuk pergi ke gua ini sekitar jam 10 pagi sampai sebelum jam 12 siang. Kalau cuaca cerah, kalian akan melihat cahaya matahari masuk menyinari gua dan kolam alami. Air di dalam gua akan terlihat biru pirus berkilauan.

Gua Kristal
Gua Kristal

 

5. Fatumnasi

Fatumnasi merupakan bagian dari Kabupaten Timor Tengah Selatan. Daerah ini menawarkan wisata budaya dan wisata alam. Iklim di Fatumnasi sangat sejuk, bahkan cenderung sedikit dingin. Rasanya sulit untuk percaya bahwa Fatumnasi terletak hanya sekitar 150 km dari Kupang (yang panas).

Siap-siap untuk terpesona dengan keindahan alam, keunikan rumah adat di sana, cantiknya kain tenun, dan juga keramahan orang-orang lokal. Sepanjang jalan menuju Fatumnasi, kamu akan melihat pagar kayu disertai banyak pohon rindang dan kuda-kuda liar. Seperti bukan di Indonesia.

 

Selain yang saya sebutkan di atas, masih banyak tempat dan hal menarik lainnya di dan sekitar Pulau Timor, misalnya Air Terjun Oehala, Pantai Tablolong, alat musik khas dari Timor (Sasando), Pulau Semau, dan juga Pulau Rote.

Jadi, kapan kamu mau berkunjung ke Pulau Timor?

 

 

source (jalan2men.com)