KM. Sabuk Nusantara

Bintangtimur.news – Kupang – Manajemen PT Pelni Kupang bergerak cepat. Usai inspeksi mendadak yang dilakukan Kwetua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis, seminggu yang lalu, berkaitan dengan tidak berlayarnya Kapal Sabu Nusantara ke Maluku, kini, kapal Sabuk Nusantara sudah kembali melayani warga di Maluku.

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis melalui tenaga ahlinya Isidorus Lilidjawa mengatakan, semalam, dia mendapatkan informasi dari manajemen PT Pelni Cabang Kupang yang menginformasikan bahwa Sabtu, (16/12) kemarin, Kapal Sabuk Nusantara 49 telah lepas sauh dan berlayar menuju Maluku.

“Tentu ini menjadi berita gembira, khususnya bagi para penumpang dan keluarga mereka. Betapa tidak. Sejak 29 November 2017 hingga 13 Desember 2017, mereka berada dalam ketidakpastian informasi. Nasib terkatung-katung karena kapal Sabuk Nusantara rusak,” ujar Fary.

Menurut Isidorus, dia menyaksikan langsung bagaimana wakil rakyat seperti Fary Francis berdialog langsung dengan manajemen Pelni, KSOP, dan Navigasi. Bahkan, dari atas geladak Sabuk Nusantara menelepon langsung Menteri Perhubungan, udi Karya Samadi untuk menginformasikan kondisi kapal.

Menurut Isidorus, Manajemen PT Pelni menyampaikan terima kasih banyak atas kunjungan Ketua Komisi V DPR RI. Menurut mereka, tanpa komunikasi langsung ke pengambilan keputusan di Kementerian Perhubungan bisa jadi kapal itu butuh waktu lama untuk diperbaiki.

“Kini kapal Sabuk Nusantara telah berlayar, menautkan harapan para penumpang dengan keluarga di Maluku; menjembatani arus kepentingan Kupang (NTT) – Maluku,” ujarnya. (AM7)