Counter salah satu layanan perbankan BRI Prioritas. (Foto-dok:Istimewa)

BINTANGTIMUR.NEWS, Jakarta – Belum lama ini, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali bakal memperkuat kerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD). Kali ini, Bank BRI menggandeng Bank Lampung untuk meningkatkan daya saing dari masing-masing pihak.

Lantas, Direktur Utama Bank BRI Suprajarto mengatakan, melalui kerja sama ini, Bank BRI berkomitmen untuk mendukung peningkatan kapasitas Bank Lampung melalui sektor infrastruktur dan fasilitas perbankan yang telah dimiliki.

Menurutnya, dengan sinergi ini dapat meningkatkan efisiensi masing masing pihak. “Kerja sama ini tentunya kami harap dapat meningkatkan added value kedua belah pihak serta memberikan manfaat khususnya kepada masyarakat di Provinsi Lampung,” kata dia dalam rilisnya, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Sekedar informasi, sebelumnya Bank BRI juga telah menandatangani MoU dengan empat BPD dan menjalin kerja sama menyoal transaksi Global Master Repo Agreement (GMRA) dengan 26 BPD.

“Kami selalu membuka diri untuk melakukan sinergi dengan BPD. Hal ini tak lain karena BPD memiliki peran strategis dalam rangka mempercepat pertumbuhan perekonomian dan pembangunan di daerah dan hal tersebut sesuai aspirasi kami, yakni menggerakkan pembangunan daerah melalui pemberdayaan UMKM serta peningkatan inklusi serta literasi keuangan,” jelas Suprajarto.

Menurutnya, ini merupakan wujud komitmen Bank BRI untuk mendorong peningkatan kapasitas BPD, mengingat BPD berada di garis depan dalam membuka akses keuangan yang terintegrasi kepada masyarakat.

Direktur Utama Bank Lampung Eria Desomsoni menuturkan, kerja sama ini merupakan salah satu langkah dalam program transformasi Bank Lampung. Di mana, saat ini Bank Lampung masih berada di BUKU I, sehingga dari sisi kelembagaan harus memiliki mitra strategis yang menguntungkan.

Untuk memperkuat daya saing, pihaknya membutuhkan perluasan jaringan dan layanan serta peningkatan infrastruktur IT. Di mana,  dengan kerja sama dengan Bank BRI kami harapkan dapat mengakselerasi hal tersebut.

Eria mengatakan, langkah awal kerja sama Bank BRI dengan Bank Lampung berupa pengembangan kerja sama di bidang bisnis dan operasional perbankan, namun tidak terbatas pada pengembangan produk dan layanan bersama. (RF)