Rumah Kreatif BUMN merupakan kolaborasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pembinaan guna peningkatan kapasitas dan kapabilitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM). (Foto-dok: Corporate Communication BNI)

BINTANGTIMUR.NEWS, Tual – Hari ini (20/1), Direktur Bisnis Menengah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), Putrama Wahju Setyawan bertandang ke Kota Tual, Maluku. Dalam kunjungannya kali ini, salah satu Direksi BNI itu meresmikan pusat pelatihan usaha atau yang acap dikenal dengan sebutan Rumah Kreatif BUMN (RKB). Tak hanya itu, selain mengunjungi outlet Bank BNI yang ada di Tual, Putrama juga memantau salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) BNI yakni pembangunan rumah ibadah.

Informasinya, kunjungan Putrama itu merupakan bentuk komitmen BNI untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dalam hal layanan perbankan sekaligus tanggung jawab sosial. Disisi lain, Kunjungan Direksi BNI hari ini juga merupakan bagian dari program kunjungan pimpinan perusahaan ke outlet-outlet yang ada di daerah pedalaman.

Putrama juga menuturkan, Rumah Kreatif BUMN merupakan kolaborasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pembinaan guna peningkatan kapasitas dan kapabilitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dengan fungsinya sebagai pusat informasi, edukasi, dan pengembangan digitalisasi, Rumah Kreatif BUMN diharapkan dapat menghasilkan Usaha Kecil dan Menengah yang berkualitas.

Sebetulnya, bank plat merah tertua di Indonesia ini sudah membangun 44 Rumah Kreatif BUMN (RKB) dari 200 RKB bentukan BUMN dan salah satunya berada di Maluku Tenggara.

“Tidak hanya menghasilkan UKM yang berkualitas dan memiliki daya saing, RKB juga memiliki tujuan untuk meningkatkan literasi pelaku usaha UKM dengan dunia digital agar produk-produknya dapat dipasarkan melalui media internet, salah satunya lewat portal blanja.com,” ujar Putrama.

Lantas, untuk menyempurnakan dukungannya terhadap UKM, BNI juga telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada 2.093 debitur di Wilayah Makassar dan 162 debitur di Wilayah Maluku sepanjang tahun 2017. Selain itu, BNI pun mendukung usaha pariwisata di Hoat Tamngil, Ohoi Rumadian dengan memberikan angkutan wisata.

Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun menuturkan,  keberadaan RKB diharapkan dapat meningkatkan kualitas UMKM, khususnya  di wilayah Maluku Tenggara. RKB juga secara tidak langsung mendukung sektor pariwisata di kawasan ini.

“Kami sangat mengharapkan BNI atau perbankan mendukung perkembangan pariwisata dan dapat mendukung investor untuk menanamkan modalnya di Maluku Tenggara dengan memberikan kredit yang menunjang pariwisata, misalnya hotel atau homestay,” ujarnya.

Sarana Ibadah

Di samping menyalurkan bantuan untuk kemajuan ekonomi, BNI juga turut membantu pembangunan masjid sebagai sarana beribadah masyarakat dan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH). Sejauh ini, BNI telah membangun banyak masjid di seluruh pelosok Indonesia dan salah satunya adalah Masjid Al-Fatah Larat Fiditan di Kota Tual.

Sementara itu, bantuan Sosial Program Keluarga Harapan yang disalurkan melalui Kantor Cabang Pembantu BNI adalah kepada 2.712 keluarga di tahap pertama dan kepada 1.506 keluarga di tahap kedua atau pada minggu ke-4 Bulan Januari 2018. (RF)