Keikutsertaan dan apresiasi sejumlah brand otomotif dan industri pendukung otomotif di gelaran IIMS 2018 akan menjadi penanda peran penting pameran ini dalam industri otomotif Indonesia. (Foto-dok:Istimewa)

BINTANGTIMUR.NEWS, Jakarta –  Sebentar lagi, ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 bakal digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada 19-29 April 2018, mendatang.

Kabarnya, sejumlah brand roda empat sudah memastikan bakal ikut ambil bagian di gelaran IIMS 2018. Menempati Hall A dan Hall B arena JIExpo Kemayoran, brand-brand tersebut adalah Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, Honda, Hyundai, MINI, Mitsubishi Motors, Mercedes-Benz, Suzuki, Toyota, dan VW.

Tak cukup sampai disitu saja, disinyalir, dua brand roda empat asal negeri tirai bamboo seperti, DFSK dan Wuling, juga bakal meramaikan gelaran pameran otomotif tahunan itu.

Dan untuk roda dua, sejumlah merek asal Jepang dan Eropa pun sudah memastikan bakal menampilkan produk-produk andalannya. Merek seperti Aprillia, BMW Motorrad, Kawasaki, Kymco, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, dan Vespa ini akan menempati Hall C arena JIExpo Kemayoran.

Tanpa menghilangkan beberapa elemen penunjang otomotif, ajang pameran IIMS 2018 pun bakal menghadirkan juga para pelaku di sektor industri aksesoris lewat dua organisasi, yakni Perkumpulan Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) dan Gabungan Aftermarket Otomotif Indonesia (GATOMI).

Selama 11 hari, pameran otomotif IIMS 2018 ini bakal menampilkan lebih dari 30 program acara unggulan. Sebut saja, hadirnya El Toro Locco atau Monster Jam, yang bakal ditampilkan di area IIMS The Wheels of Giant, misalnya.

Juga ada program unggulan lain, berupa Test Drive dan Test Ride yang masih tetap memeriahkan ajang IIMS 2018. Ini menariknya, untuk gelaran kali ini, bakal hadir pula test drive mobil listrik.

Selain itu, program unggulan lainnya, yakni berkumpulnya lima asosiasi audio mobil kelas dunia seperti CAN, IASCA, EMMA, MECA, dan USACI, untuk menggelar sebuah kontes audio mobil. Bersatunya lima asosiasi audio mobil kondang ini, diklaim sebagai peristiwa kali pertama di dunia.

Nah, secara keseluruhan, IIMS 2018 itu menghadirkan lebih dari 350 perusahaan juga menargetkan lebih dari 52 ribu pengunjung, pun dengan nilai transaksi diperkirakan menelan sebesar Rp3,3 triliun.

Lantas, Project Director IIMS Hendra Noor Saleh yang biasa disapa KoHen mengatakan, keikutsertaan dan apresiasi sejumlah brand otomotif dan industri pendukung otomotif di gelaran IIMS 2018 akan menjadi penanda peran penting pameran ini dalam industri otomotif Indonesia, juga akan semakin meningkatkan kepercayaan terhadap kualitas pameran ini.

(Foto-dok:Istimewa)

“Penyelenggaraan IIMS 2018 ini juga akan semakin meningkat melalui beragam inovasi baru dan canggih, seperti NFC dan tiket Infinite Experience, yang akan memberikan kenyamanan pada para pengunjung,” ujar KoHen, di sela-sela acara IIMS 2018 Media Gathering, di Jakarta, Selasa (20/2).

KoHen bilang, salah satu inovasi di gelaran IIMS 2018, adalah transformasi tiket yang tidak lagi menggunakan tiket fisik. Tiket IIMS 2018, akan menggunakan sistem Near Field Communications (NFC).

Informasinya, sistem ini diklaim, bakal memudahkan pengunjung dan peserta pameran dengan hanya melakukan tap pada gelang atau ID Card di pintu masuk pameran.

Pun guna mendukung sistem ini, Dyandra Promosindo bekerja sama dengan platform digital Bukalapak dan memang menjadi sponsor utama pada gelaran IIMS 2018.

VP of Marketing Bukalapak Bayu Syerli mengatakan, Bukalapak ingin menjadi bagian dalam mendukung peminat hobi berbasis otomotif, termasuk di dalamnya penggiat industri otomotif.

“Kami melihat IIMS semakin berinovasi dan semakin baik setiap tahunnya. Sejalan dengan hal tersebut, Bukalapak menjadi sponsor utama dengan memberikan berbagai program seru bagi pengunjung IIMS 2018,” ujarnya.

Asal tahu saja, IIMS 2018 juga menghadirkan terobosan baru dengan menyediakan tiket terusan dengan nama Infinite Experience yang berlaku selama 11 hari penyenggaraan pameran.

Tiket terusan itu, ditawarkan seharga Rp300.000, dan bagi pemegang tiket Infinite Experience berhak menikmati privillage, seperti jalur khusus pembelian tiket, priority seats pada shuttle bus, serta bisa menikmati beragam fasilitas yang terdapat di IIMS Infinite Lounge di arena pameran.

Cek saja, kabarnya, pihak panitia penyenggara juga menyiapkan tiga kategori tiket masuk lainnya bagi calon pengunjung IIMS 2018 yang dapat dibeli secara online, melalui aplikasi Bukalapak.

Ketiga kategori tiket ini, meliputi Weekdays Experience (berlaku Senin hingga Kamis) seharga Rp50.000. Weekends Experience (berlaku Jumat sampai Minggu) Rp70.000, dan VIP & Premium Day yang berlaku eksklusif pada hari pertama pembukaan pamera (19 April 2018) dengan harga Rp150.000. (RFN)