Ilustrasi-Gerai Rumah Kita yang dikelola oleh Pelni Logistics. (Foto-dok:Istimewa)

BINTANGTIMUR.NEWS, Saumlaki. – PT Sarana Bandar Nasional (SBN) sebagai anak usaha PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) dengan merek Pelni Logistics, belakangan semakin getol mengembangkan kiprahnya di kawasan Indonesia Timur. Bersama Pelni, SBN membangun Rumah Kita di Kota Saumlaki, Maluku Tenggara Barat.

“Dengan hadirnya Rumah Kita di Saumlaki, kami pun telah merealisasikan penugasan dari induk (Pelni),” ujar Direktur Utama PT SBN, Suharyanto yang juga membawahi Pelni Logistics dalam keterangan persnya, Selasa (13/3).

Suharyanto bilang, SBN sebagai pengelola gerai Rumah Kita juga telah mendesain layanan ini agar dapat melayani kebutuhan masyarakat, baik yang berbelanja secara ritel (eceran) maupun grosir. Suharyanto juga berharap, dengan kehadiran Rumah Kita dapat memberikan kepastian pasokan mengurangi disparitas harga, sosial maupun ekonomi.

“Saat ini kami juga memasarkan beras dari petani Merauke sebanyak 15 ton untuk memasok kebutuhan warga di Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan menggunakan KM Sirimau,” kata Suharyanto.

Kabarnya, Rumah Kita juga bakal dikembangkan selain di Saumlaki. Pun Suharyanto menjelaskan, bahwa Rumah Kita sendiri telah terealisasi dan hadir di Manokwari, Timika, dan Morotai.

“Selanjutnya kami juga akan menghadirkan Rumah Kita di Merauke, Sorong, dan Serui serta daerah lainnya,” Jelas Direktur anak usaha Pelni itu.

Disisi lain, Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Agustinus Utuwaly juga menyambut baik sekaligus mendukung sepenuhnya Program Rumah Kita di Saumlaki yang sedang dikembangkan oleh SBN itu.

“Kami berterima kasih kepada Menteri BUMN melalui PT Pelni, PT Sarana Bandar Nasional, dan PT Bandar Indotrading yang telah bekerja sama mewujudkan Rumah Kita di wilayah Maluku Tenggara Barat,” ujarnya.

Agustinus berharap betul, agar program Rumah Kita ini diteruskan, dilanjutkan dan ditingkatkan sampai ke seluruh desa di wilayah Maluku Tenggara Barat. Bukan hanya terbatas pada BUMD saja, akan tetapi koperasi dan usaha masyarakat lainnya juga dapat mendukung program tersebut.

Sekedar Informasi, Rumah Kita ini merupakan ide Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN dengan mensinergikan beberapa perusahaan pelat merah seperti Pelni, Pelindo, RNI, Bulog, PPI dan lainnya. Dengan maksud untuk  membantu pemerintah menurunkan disparitas harga di rute tol laut. Selain, memang, Kemenhub juga telah menugaskan BUMN dibawah kementeriannya untuk membangun 40 Rumah Kita di Indonesia. (RFN)