Program padat karya tunai ini diprioritaskan sebagai sasaran program untuk mengurangi tingkat pengangguran. (Foto-dok:Corsec BNI)

BINTANGTIMUR.NEWS, Kebumen. – PT Bank Negara Indonesia Tbk. menjadi BUMN yang kali pertama memulai Program Padat Karya Tunai (PKT) untuk membangun infrastruktur di daerah perdesaaan, itu betul. Sebab, PKT ini merupakan salah satu upaya pemberdayaan dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat. Kabarnya, program ini digagas juga oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia.

Nah, pelaksanaan PKT teranyar yang dilaksanakan oleh BNI ini, berupa normalisasi saluran irigasi menuju ke lahan pertanian sepanjang 8 kilometer di Desa Jatijajar dan Desa Demangsari, Kebumen, Jawa Tengah. Dengan mengerahkan tenaga 800 orang, di mana setiap 100 warga akan menormalisasi irigasi sepanjang 1 km.

CEO BNI Wilayah Yogyakarta Arif Suwasono menuturkan, program padat karya tunai ini diprioritaskan sebagai sasaran program untuk mengurangi tingkat pengangguran. “Melalui program PKT ini, penduduk yang belum memiliki pekerjaan dan sedang mencari pekerjaan diharapkan ikut ambil bagian,” ujar Arif dalam rilis yang diterima bintangtimur.news, Rabu (21/3).

Asal tahu saja, proyek-proyek yang dapat dikerjakan dengan memanfaatkan Program PKT ini, punya kriteria dalam setiap pelaksanaannya. Ya, maksimal 5 kegiatan di satu lokasi, semisal jalan desa, embung, jembatan, Pondok Bersalin Desa (Polindes), dan fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta pembangunan pasar desa.

Memang, awal mulanya, Program PKT BNI ini dilaksanakan di Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Tuban, Jawa Timur pada awal Maret 2018 lalu. Kala itu, Program PKT tersebut disandingkan dengan Program Perhutanan Sosial, dalam bentuk proyek pengerasan jalan sejauh 1,1 km. Di program PKT Desa Ngimbang inilah, BNI juga bekerjasama dengan BUMN lainnya yang ikut serta mengembangkan perekonomian masyarakat di Tuban.

Menariknya, kala Kunjungan Kerja Menteri BUMN Rini M Soemarno ke salah satu lokasi Proyek PKT di Desa Kanangasari, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Disaat waktu yang sama, Rini mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan pelaksanaan Program PKT yang dikoordinir oleh BNI di 3 lokasi pada 3 kabupaten di 3 provinsi sekaligus secara live streaming.

Ya, selain di Jawa Tengah, program PKT ala BNI ini juga dilaksanakan di dua provinsi lain yaitu Jawa Barat dan Jawa Timur. Wah, kalo begitu, kapan BNI bisa merealisasikan program serupa di provinsi Nusa Tenggara Timur? (RFN)