Bank Mandiri juga menargetkan produk berbasis QR code ini sudah dapat diluncurkan pada kuartal II 2018. QR payment ini akan jadi alternatif metode pembayaran buat nasabah dan customer, tentunya memberikan kenyamanan. (Ilustrasi-dok:Istimewa)

BINTANGTIMUR.NEWS, Jakarta. – Untuk pengembangan transaksi berbasis teknologi QR Code lebih lanjut. Kini, PT Bank Mandiri Tbk sedang menanti standarisasi yang dikeluarkan oleh Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan Bank Indonesia tentunya.

Kabarnya, Bank Mandiri juga menargetkan produk berbasis QR code ini sudah dapat diluncurkan pada kuartal II 2018. QR payment ini akan jadi alternatif metode pembayaran buat nasabah dan customer, tentunya memberikan kenyamanan.

“Kami sudah apply teknologi ini ke (Bank Indonesia),” kata Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri, Jumat (6/4). Bank Mandiri juga sedang mengurus persiapan pilot project.

Selain itu, Bank Indonesia (BI) pada April 2018 ini bakal mengeluarkan standar aturan dalam teknologi QR code. Dengan standar ini, regulator berharap nantinya antar teknologi QR code bisa saling terkoneksi.

Lantas, standarisasi ini diharapkan akan mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi. Selain itu, standar ini juga diharapkan bisa meningkatkan interkoneksi sistem pembayaran antarbank.

Menariknya, lewat QR code inilah bank tidak perlu menyediakan anggaran yang cukup besar untuk investasi alat. Selain, teknologi ini bisa lebih fleksibel dalam digunakan untuk bertransaksi di setiap merchant.