Pidato Ilmiah Prabowo Subianto (foto-dok:Istimewa)

Bintangtimur.news, Jakarta – Aroma candaan Ketua Umum Partai Gerinda Prabowo Subianto, tergolong unik, memang. Disela-sela menjadi pembicara pidato ilmiah di hadapan  kurang lebih 1.086 wisudawan Universitas Bung Karno (UBK) di Balai Sudirman (16/11) lalu.

Kala itu, salah satu putra kesayangan Begawan Ekonomi Soemitro Djojohadikusumo itu melontarkan candaan sekaligus mengkritik pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan caranya. Dia (Prabowo) menjelaskan bahwa hanya 1 persen penduduk Indonesia yang menguasai perekonomian seluruh negeri.

“Dalam Gini Ratio (ukuran ketimpangan ekonomi) di bidang pertanahan satu persen penduduk menguasai 80 persen tanah di Indonesia. Di bidang kekayaan tahun 2014 ketimpangan ekonomi sebesar 0,43, pada tahun ini saya duga berada di angka 0,45-0,47”, ujarnya Prabowo.

Lantas, Prabowo melanjutkan, “Satu penyebabnya perbankan kita sebanyak 50 persen lebih dikuasai asing. Kalian kalau mau mengajukan kredit untuk usaha pasti sulit, jangan harap mudah, keliatan dari muka kalian. Saya saja susah apalagi kalian,” kata Prabowo yang sontak saja diikuti tawa 1.086  para wisudawan UBK.

Oleh sebab itu, cucu dari pendiri Bank Negara Indonesia (Raden Mas Margono Djojohadikusumo) ini meminta keberpihakan pemerintah kepada masyarakat agar sila kelima dari Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat benar-benar terwujud.

“Kalau seribu harimau dipimpin satu kambing nanti harimau ikut berbunyi ‘mbek’. Tapi kalau satu harimau memimpin seribu kambing nanti kambingnya akan ikut mengaum.”

“Untuk itu, pemerintah harus tegas dalam hal keberpihakan kepada masyarakat. Jangan sampai negara dikuasai koruptor dan pihak asing,” tegas Prabowo. (RF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here