foto : TRhe Jakarta Post

Bintangtimur.news – Labuan Bajo – Werry Tan, seorang warga Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT), menciptakan sebuah aplikasi lengkap tentang Labuan Bajo.

Kepada Kompas.com, Werry mengatakan, aplikasi ini telah diluncurkan dalam acara Karnaval Komodo yang digelar di Labuan Bajo pada 22 hingga 23 Oktober 2018 kemarin.

“Pembuatan aplikasi ini didasari oleh masalah kesulitan untuk mendapatkan info yang benar dan valid tentang Labuan Bajo,” ungkap Werry, Jumat (26/10/2018) malam.

Aplikasi yang diciptakannya, lanjut Werry, telah menjadi mitra resmi (official partner) Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat. Berdasarkan pengalamannya selama ini, kata Werry, para wisatawan baik domestik maupun mancanegara kerap mengalami kesulitan untuk mencari hotel, tempat makan, sewa kapal, transportasi dan sejumlah tempat wisata. “Aplikasi ini bekerja sama dan didukung oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat,” ucap Werry.

Di dalam aplikasi ini juga, sebut Werry, terdapat informasi mengenai rumah sakit, tempat ibadah, apotek dan kantor polisi. Terdapat juga fitur-fitur untuk mempromosikan komunitas setempat, seperti sanggar seni, band lokal, fotografi dan sebagainya.

Werry mengatakan, fitur kebudayaan juga tidak luput dari aplikasi ini, karena terdapat kamus bahasa Manggarai-Indonesia-Inggris. Bahkan, kata Werry, beberap acara yang telah selesai digelar dan yang akan berlangsung pun dapat diketahui lewat aplikasi ini.

Para wisatawan tentunya dapat memanfaatkan aplikasi ini layaknya tur guide online.

“Ke depannya diharapkan semua usaha bisnis di Labuan Bajo yang akan dipromosikan via aplikasi ini adalah perusahaan yan legal dan sudah didaftarkan di Dinas Pariwisata Manggarai Barat,” jelasnya.

Dengan demikian, lanjutnya, aplikasi ini secara tidak langsung mendukung dunia pariwisata dan juga menopang kinerja pemerintahan dalam hal data dan untuk promosi daerah.

Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play dengan kata kunci “Labuan Bajo”.  (AM7/kompas.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here