(foto : Antara)

Bintangtimur.news – Kupang – Kapal Pengawas Perikanan Hiu Macan 03 menangkap kapal berbendera China lantaran diduga mencuri ikan di perairan Indonesia di selatan Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur, Jumat (1/12).

Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNS), Wham Nurdin, mengatakan, penangkapan dilakukan pada Kamis (30/11) malam.

“Ada tiga kapal asing sering mencuri ikan di perairan Indonesia, dan kapal yang ditangkap ini salah satunya,” kata Nurdin kepada Media Indonesia di Kupang, Jumat petang.

Kapal tersebut dibawa ke Pelabuhan Perikanan Kupang dan tiba pada Jumat sekitar pukul 15.30 Wita. Menurut Nurdin, selama ini perairan selatan Pulau Timor menjadi lokasi pencurian ikan oleh kapal asing.

“Kami kemudian melaporkan kepada Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) sehingga dilakukan patroli dan akhirnya ditangkap,” kata dia.

Menurutnya, kapal yang ditangkap tersebut selama ini berada di Dili, Timor Leste, dan anak buah kapal (ABK) juga berasal dari Indonesia.

“Kapal itu menangkap ikan menggunakan pukat gill net atau jaring insang,” ujarnya.

Sampai pukul 18.00 Wita, nakhoda bersama anak buah kapal masih di kapal dan diawasi ketat oleh petugas dari PSDKP Kupang.

Kepala PSDKP Kupang, Mubarak, mengatakan, informasi detail mengenai penangkapan kapal China tersebut akan disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sudi Pudjiastuti. (AM7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here