Ketua Komisi V DPR RI, Fary Djemi Francis, Menteri PUPR, Budi Hadimuljono, Wagub NTT, Beny Litelnoni, dan Walikota Kupang Jefry Riwu Kore, saat pencanangan Gerakan Peduli Mitigasi Bencana di, Kupang, Selasa (28/11)

Bintangtimur.news – Kupang – Komisi V DPR RI menyetujui usulan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam membangun proyek infrastruktur tujuh bendungan besar di NTT.

Menurut Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis, saat ini di NTT akan dan sedang dibangun tujuh bendungan besar. Ini program pemerintah yang telah mendapat dukungan DPR RI.

“Kita tentunya tidak hanya memiliki semangat untuk membangun, tetapi juga harus memiliki semangat untuk bagaimana memanfaatkan apa yg telah dibangun. Contohnya Bendungan Raknamo ini, harus bermanfaat untuk rakyat. Untuk itu, sudah harus dipikirkan berbagai cara dan sistem untuk memanfaatkan bendungan ini. Nilai rupiah yang sangat besar dalam pembangunan ini harus diimbangi dengan asas manfaatnya,”

“Kita mesti berkaca dari tata kelola bendungan Tilong. Sudah dibangun cukup lama tetapi dampaknya tidak terlalu dirasakan warga. Bahkan warga Bokong yang persis berada di sekitar Tilong mengalami krisi air minum dan air bersih. Ini harus menjadi catatan kita semua,” tegas Fary.

Fary menambahkan, pihaknya terus mendukung semangat pemerintah untuk membangun tujuh bendungan di NTT. Namun, dia terus mendorong pemerintah agar jangan mengurangi kuantitas pembangunan tampungan-tampungan air skala kecil yang disebut embung. Karakteristik NTT tidak cukup hanya diintervensi dengan bendungan besar, mesti  juga dibangun embung-embung kecil.

“Target kita setiap tahun dibangun 100 embung di NTT. Ini mesti terus meningkat bukan malah menurun. Ini tentu tetap menjadi catatan kami di Komisi V DPR RI,” pungkasnya.

Fary memberi apresiasi kepada warga setempat dan masyarakat adat yang sudah memberikan dukungan berupa lahan sehingga proses pembangunan bendungan ini tidak mengalami kendala.

“Ini mesti juga menjadi contoh bagi daerah-daerah lain yg direncanakan akan dibangun bendungan. Pendekatan dan komunikasi yg baik antara Pemkab Kupang dan warga patut diapresiasi,” ungkapnya. (AM7)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here