Photo diambil dari Tandaseru.id

Bintangtimur.news, Jakarta– Hampir disegala lini, tiga tahun terakhir ini kondisi sepakbola Indonesia memang belum menunjukan prestasi puncak yang menonjol. Namun perlahan, menunjukan grafik perbaikan yang meningkat, setelah meraih medali perunggu di ajang sepakbola Sea Games 2017 di Malaysia.Dicabang sepakbola wanita, Indonesia juga berhasil merekomendasikan salah satu wasit wanitanya eraih lisennsi FIFA.

Meski kiprah cabang sepakbola wanita di Indonesia  tak terlalu bersinar jika dibandingkan dengan Negara-negara lain. Hal tersebut nyatanya tak menyurutkan impian Deliana Fatmawti untuk menjadi bagian dari olahraga yang dicnitainya tersebut.

Meskipun sempat dipandang sebelah mata oleh banyak orang karena pilihannya berkarir menjadi wasit, namun perempuan kelahiran Medan 28 tahun lalu tersebut tetap pada cita-citanya. Menjadi wasit perempuan di tengah dominasi laki-laki tentunya bukan pekerjaan mudah untuk Deliana. “Awalnya pasti karena saya suka sepakbola, suka menonton pertandingan lalu pernah jadi pemain sepakbola saat sekolah, SMA” ungkapnya saat dikutip Indosport.com.

Tapi karena main bola untuk perempuan masih tabu, apalagi perkembangan sepakbola wanita gak begitu maju dibandingkan dengan Negara lain jadi ya hanya dijadikan hobi,” ujar Deliana. “Tapi terus berpikir gimana supaya bisa tetap berkarier di lapangan bola, kalau tidak jadi pemain bola. Awalnya hanya iseng, main bola terus saya masih remaja terus aku sering nonton langsung pertandingan sepakbola dan melihat dua tim dengan seragam biru dan kuning lalu wasitnya pakai baju merah, kelihatan keren,” candanya.

Tanpa pikir panjang, Deli sapaan akrab Deliana, akhirnya memutuskan untuk serius menekuni profesi pilihannya, wasit sepakbola. Dukungan dari orang-orang sekelilingnya membuat perempuan jebolan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tersebut mantap menjejaki karier sebagai pengadil di lapangan. “Karena saya juga kuliah di jurusan olahraga dan melihat banyak senior-senior yang jadi wasit, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil lisensi wasit,” jelasnya.

Deliana Fatmawati menjadi wasit wanita pertama Indonesia yang mengantongi lisensi FIFA. Hal itu Menjadi istimewa karena tak banyak perempuan yang bercita-cita untuk menjadi seorang pengadil di lapangan hijau. (ARS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here