Tim Nasional Pelajar Indonesia U-16, usai juara Borneo Cup di Malaysia.

Laporan wartawan Pos Kupang, Sipri Seko.

Kinabalu – Tim Nasional Pelajar Indonesia U-16 berhasil menjuarai Borneo Cup 2017. Dalam final yang digelar di Stadion Likas, Sabtu (7/10/2017), tim asuhan Maman Suryaman ini menang 1-0 lewat gol tunggal Ilham di awal babak kedua.

Indonesia memiliki beberapa peluang, namun tidak berhasil menjebol gawang Malaysia. Masuknya Esa di babak kedua mengubah segalanya. Akselerasi yang tajam, membuat Satria melepas umpan yang disundul sempurna oleh Ilham.

“Para pemain tampil agak tegang kali ini. Mungkin karena tekanan main di final,” kata Maman yang juga pernah membawa Timnas U-14 juara turnamen AFC 2012 di Kinabalu.

Ucapan syukur disampaikan manajer tim, Fary D. Francis atas kesuksesan ini.

“Kami bersyukur atas kemenangan Timnas Pelajar U-16 yang tampil sangat luar biasa dan kompak selama mengikuti Borneo Cup 2017. Ini membuktikan bahwa para pemain usia muda kita memang punya kualitas yang bisa dibanggakan,” ujar Fary.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak Menpora yang telah menunjuk saya sebagai manajer. Semoga apa yang kami capai di Kinabalu diikuti dengan prestasi dari tim sepakbola usia muda kita lainnya,” tambahnya.

Tim Nasional Pelajar Indonesia U-16 ini merupakan gabungan para pemain alumnus Liga Pelajar U-16 Piala Menpora tahun 2016. Sebagian besar materi pemainnya berasal dari klub juara saat itu, Diklat Persib. Ditambah para pemain pilihan asal Diklat Persebaya, SSB Bank Sulselbar, SSB Beruang Madu Balikpapan, SSB Salfas Soccer Tangerang, SSB Bintang Timur Atambua dan SSB SoE Generation, NTT.  (AC)