Ketua omisi V DPR RI Fary Djemi Francis

Bintangtimur.news – Jakarta – Perhelatan Piala Dunia di Rusia resmi digelar 14 Juni kemarin. Penggila bola di seluruh dunia sudah menjagokan timnya masing-masing.

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis, ternyata punya jagoan sendiri, yakni Portugal.  Fary memiliki alasan sendiri kenapa memilih Portugal.

Menurut Fary, lebih dari seabad sejak didirikan, tim sepak bola Portugal hanyalah anak bawang di kancah sepak bola dunia. Pandangan dunia baru berubah ketika A Seleção das Quinas menjung­karbalik­kan semua prediksi pada Piala Eropa 2016. Berstatus tim non unggulan, Portugal justru dengan gagah mampu melangkah hingga final dan menjadi raja Eropa setelah secara dramatis menundukkan tuan rumah Prancis. Energi positif se­bagai juara Eropa itulah yang akan jadi tenaga besar Portugal saat berlaga pada putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Energi positif juga datang dari filosofi bermain the Navigators ala coach Fernando Santos ” Menyerang membuat Anda memenangi pertandingan, bertahan membuat Anda memenangi gelar.”

Ini diucapkan manajer tersukses asal Skotlandia, Sir Alex Ferguson. Filosofi bermain yang mementingkan pertahanan itu dimiliki pelatih Portugal saat ini, Fernando Santos. Eks pelatih Porto dan Timnas Yunani ini cenderung pragmatis dalam pendekatannya pada sebuah pertandingan.

Dengan cara itulah, Santos membawa Portugal perlahan menuju final Euro 2016 untuk kemudian menjuarainya. Jika pertahanan Portugal bisa tetap solid di Piala Dunia 2018, dan tentunya efisien saat menyerang, mereka bisa menjadi jawara baru Piala Dunia.

Sebagaimana slogan Portugal ‘O Passado E Gloria, O Presente E Historia’ yang artinya ‘Masa Lalu adalah Kemuliaan, Saat Ini adalah Sejarah. (AM7)