Inggris lolos ke semifinal usai mengalahkan Swedia 2-0. (Foto: Carlos Garcia Rawlins/REUTERS)
Inggris sukses mengalahkan Swedia 2-0 pada laga perempatfinal Piala Dunia 2018 di Samara Arena, Sabtu (7/7/2018) malam WIB. Harapan untuk kembali juara sejak terakhir kali di 1966 pun terus membesar.

Dengan menjejak semifinal, Inggris sudah menyamai catatan 1990 kala finis di peringkat keempat.

Slogan Football Is Coming Home pun semakin membahana, khususnya di dunia maya. Inggris, yang selalu menganggap diri sebagai tempat lahirnya sepakbola, bertekad memulangkan trofi tertinggi kompetisi itu ke rumahnya.

“Semoga saja begitu. Saya berharap,” kata bek Inggris Harry Maguiredilansir BBC.

“Ini tak bisa lebih baik lagi dan kami lolos, itulah hal utamanya. Kami sejak awal merasa kami bisa mendominasi penguasaan bola hari ini. Kami juga tahu bola mati akan jadi hal penting,” imbuhnya.

Maguire mencetak gol pembuka Inggris, sebelum kemudian digandakan Dele Alli. Bagi Maguire, gol itu meninggalkan catatan istimewa.

Dia adalah pemain keempat yang mencetak gol pertamanya untuk Inggris di partai fase gugur Piala Dunia. Pemain Leicester City ini mengikuti jejak Alan Mullery, David Platt, dan Rio Ferdinand.

“Itu adalah gol internasional pertama saya di panggung besar, yang membawa kami ke semifinal. Tak ada yang lebih baik lagi. Ini jadi perkembangan terbesar saya sejak 1-2 tahun terakhir,” tutur bek tengah tersebut.

Di semifinal, Inggris akan berhadapan dengan Kroasia. Kroasia lolos usai mengalahkan tuan rumah Rusia lewat adu penalti. (*/detik.com)