Pelatih Timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri
Bintangtimur.news – Meski bermain gemilang di empat laga grup A Piala AFF U-19, Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 Indra Sjafri meminta media dan masyarakat Indonesia tak menyanjung anak asuhnya tinggi-tinggi. Hal ini ia sampaikan setelah latihan jelang laga lawan Thailand  pada Senin (9/7/2018) di Stadion Jenggolo, Sidoarjo.

“Mereka berjuang sangat maksimal. Tapi saya pesan ke media dan masyarakat jangan ditinggikan. Masih ada pertandingan lawan Thailand dan laga – laga lainnya,” ujarnya kepada awak media, Senin (9/7/2018).

Indra menyadari dengan antusiasme masyarakat Indonesia yang tinggi dapat mengakibatkan rasa diri yang berlebihan dan berakibat tak baik bagi sang pemain sendiri.

“Kita akan jaga terus. Media dan masyarakat juga membantu. Supaya anak – anak perkembangannya tertata supaya tidak cepat sombong, tidak cepat rendah diri mau lawan Vietnam kek, Thailand kek, Real Madrid kek. Semuanya sama,” tutur pelatih berusia 55 tahun beberapa saat lalu.

Menurutnya seorang pesepakbola yang berkualitas tak hanya dilihat dari skill permainan melainkan juga dari etika sang pemain sendiri.

“Sepakbola tidak hanya menang kalah, tapi juga saling respect supaya muncul pemain – pemain yang berkualitas. Jangan terlalu digembar – gemborkan!,” ungkapnya.

Timnas Indonesia U-19 sendiri melakoni empat laga Piala AFF U-19 dengan cemerlang. Usai bermain kurang maksimal dengan mengalahkan Laos 1-0, Nurhidayat cs mampu menggebuk Singapura dengan skor 4-0, Filipina 1-4, dan Vietnam 1-0. Akibat gemilangnya performa tim berjuluk Garuda Nusantara itu, antusiasme masyarakat Indonesia cukup tinggi. Bahkan di sejumlah media pemberitaan Timnas Indonesia U-19 menjadi trending topik. (*/okezone.com)