Pendiri AKademi Bintang Timur Atambua Fary Djemi Francis

Bintangtimur.news – Atambua – Jeugd Voetbal Opleiding Zeeland (JVOZ) atau Pelatihan Sepak Bola Pemuda Zeeland di Negara Belanda merekrut tiga pemain muda asal Akademi Bintang Timur Atambua wilayah Perbatasan Negara RI-RDTL. Ketiga anak itu berhasil lolos mengikuti seleksi untuk pelatihan Sepak Bola Anak berbakat.

Pendiri Akademi Bintang Timur, Fary Djemi Francis mengungkapkan hal itu kepada media, didampingi Pelatih Kepala Bintang Timur Atambua, Berth Pentury dan Direktur Bintang Timur Atambua, John Leki, Jumat (22/02/2019).

Seperti yang dirilis The East, Fary Francis mengungkapkan, diterimanya ketiga anak didikan Akademi Sepak Bola Bintang Timur Atambua ini atas kerja sama yang dilakukan dengan JVOZ Belanda. JVOZ sendiri merupakan salah satu lembaga yang ada di Negeri Belanda sebagai pusat pelatihan Sepak Bola yang diperuntukkan untuk mendidik orang-orang muda berbakat.

” Ini atas kerjasama kita dengan JVOZ, dan pada tahun ini tiga anak kita sudah dinyatakan diterima untuk mengikuti kegiatan itu yang akan berlangsung minimal satu bulan hingga satu setengah bulan di Belanda dan juga disana akan dipandu oleh pelatih kepala Bintang Timur om Berth,” ungkap Fary yang juga Ketua Komisi V DPR RI.

Fary menambahkan, tahun ini ada lima anak Akademi Bintang Timur Atambua U-16 yang direkomendasikan ke JVOZ untuk di seleksi. Namun, hanya tiga tiga anak yang dinyatakan lolos dalam seleksi tersebut.

“Nama-nama dari ketiga anak tersebut yang akan mengikuti pelatihan di JVOZ masih dirahasiakan hingga beberapa waktu ke depan,” ungkap Fary.

Menurut Fary, pelatihan ini akan dimonitor langsung oleh Coach Simon Melkianus Tahamata yang merupakan seorang mantan pemain sepak bola Belanda keturunan Maluku, yang bermain untuk klub Belanda dan Belgia di era 80-an.

“Mereka akan di monitor langsung oleh Coach Simon Tahamata yang punya komitmen untuk membantu pesepakbola muda kita,” kata Fary.

Apabila ketiga pemain yang akan berangkat pada akhir Maret 2019 ini dianggap bagus oleh JVOZ dan diberi kesempatan melakukan pelatihan lagi, maka pihak Bintang Timur menyerahkan para pemain tersebut untuk dibina lebih lanjut.

Pelatih Kepala Bintang Timur Atambua, Berth Pentury menambahkan bahwa untuk bisa lolos dalam Pelatihan di Jeugd Voetbal Opleiding Zeeland (JVOZ) ada empat kriteria dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemain diantaranya skill dasar dari individu pemain; memiliki kemampuan dalam kerja tim dimana adanya kemampuan berkomunikasi dengan pemain lain; kecepatan pemain baik itu kecepatan tanpa bola maupun kecepatan dengan bola; serta fisik (postur tubuh) pemain.

“Kalau pemain sudah memenuhi kriteria tersebut, peluang lolos semain besar, dan akan menjadi pemain besar seperti bintang Timnas Belanda,’ ungkap Choach Bert. (AM7/the east)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here