Blusukan yang dilakukan pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri, dalam rangka mencari pemain berkualitas di wilayah Indonesia mendapat apresiasi pegiat sepakbola NTT. Pola seperti ini yang menunjukkan semangat kebangsaan dan nasionalisme.
Beberapa pegiat sepakbola NTT seperti David Fulbertus, Sipri Seko, Piter Fomeni, Dokter Sahadewa, Melisedek Lado Madi, dan Jhon Leki kepada bintangtimur.id, Senin (13/2), memberi apresiasi positif dengan blusukan ini.

David Fulbertus mengatakan, pola seperti ini baru ditemukan saat Coach Indra Sjafri sebagai pelatih Timnas U-19 pertama. Hasilnya, sungguh luar biasa, bisa menggapai prestasi tertinggi dan membanggakan Indonesia. “Kita di NTT lebih bangga karena ada pemain NTT yang memperkuat Timnas yaitu Yabes. Penemuan Yabes juga karena blusukan yang dilakukan Coach Indra. Ini yang kita bangga dengan Coach Indra,” ujar David yang juga pemilik klub Kristal FC ini.

Sipri Seko menilai apa yang dilakukan Coach Indra menunjukkan wawasan kebangsaan yang baik. Karena, Indonesia ini bukan hanya di daerah barat saja, tapi banyak daerah yang juga memiliki hak dan kesempatan yang sama menjadi bagian dari Timnas.

“Visi Coach Indra sungguh luar biasa. Ini yang membedakan pelatih lain dengan Coach Indra,” ujar pendiri Masgibol NTT ini.
Piter Fomeni dan Dokter Sahadewa mengaku puas dengan apa yang sudah dilakukan Coach Indra Sjafri.   Pola seperti ini harus diikuti pelatih Timnas Indonesia lainnya, sehingga pemain Timnas merupakan perwakilan dari daerah-daerah di Indonesia. “Coach Indra sudah melakukan yang terbaik untuk Timnas Indonesia. Hadirnya berbagai warna di Timnas, menunjukkan bahwa tim itu memang Timnas Indonesia,” ujar Sahadewa.
Sementara Melkisedek Lado Madi dan Jhon Leki menyatakan, Timnas yang betul adalah perwakilan dari semua unsur. Hadirnya keragaman di Timnas Indonesia U-19, memberikan hasil yang luar biasa. “Coach Indra Sjafri memang beda. Apa yang sudah Coach Indra lakukan menunjukkan bahwa coach tidak twbang pilih, yang berkualitas, dari mana saja asalnya, itu yang diambil. ” Kami terus berdoa agar hasil blusukan Coach Indra ada pemain dari NTT, dan kami terus mendukung Timnas Indonesia U-19 sampai juara,” ujar Jhon yang juga Direktur SSB Bintang Timur Atambua ini. (aps)