Bintangtimur.id-Kupang Geliat sepakbola NTT terus bergelora. Setelah hadirnya SSB Bintang Timur Atambua, kini hadir lagi Bali United (BU) Academy Kupang. Kehadiran BU Academy Kupang bertujuan untuk membangun sepakbola NTT menuju prestasi nasional dan internasional. Untuk menyiapkan kualitas tersebut, langkah pertama yang dilakukan manajemen adalah menerima siswa baru yang akan belajar sepakbola di BU Academy Kupang.
“Berbagai persiapan sudah kami lakukan, baik fasilitas lapangan maupun sumber daya manusia manajemen BU Academy. Contohnya, lapangannya sudah dipakai untuk seri perdana seleksi Timnas Indonesia U-19 wilayah NTT di Kota Kupang,” ujar pendiri BU Academy Kupang David Fulbertus, kepada bintangtimur.id, Jumat (17/2).

Menurut David, persiapan lainnya adalah merekrut tim pelatih dan struktur managemen BU Academy Kupang. Beberapa nama sudah dikomunikasikan dan mereka menyatakan siap bergabung. “Untuk namanya belum bisa kami umumkan karena berkaitan dengan hal teknis lainnya, namun yamg kami banggakan adalah semua memiliki komitmem yang sama untuk membangun sepakbola NTT,” ujar David.
David berharap, dukungan pegiat sepakbola NTT, Asprov PSSI NTT, dan Masgibol NTT, agar rencana launching BU Academy di awal Maret 2017 bisa dilaksanakan. “Dukungan khusus kami juga berharap dari Manajemen SSB Bintang Timur yang sudah memiliki pengalaman dalam pembinaan usia muda,” ungkapnya.

Sementara Ketua Sport Intelegence PSSI Pusat Fary Francis mengapresiasi rencana peresmian BU Academy Kupang. Semakin banyaknya akademi sepakbola di NTT menunjukkan kemajuan sepakbola di NTT. “Saya sangat yakin dengan kehadiran BU Academy Kupang yang didirikan oleh Pak David. Komitmen dan konsistensinya dalam pembinaan sepakbola NTT tidak perlu diragukan lagi. Kita tinggal menunggu hasil dari proses ini,” ujarnya.
Menurut pendiri SSB Bintang Timur ini, pihaknya sangat siap bekerja sama dengan BU Academy Kupang, karena tujuannya sama yaitu meningkatkan prestasi sepakbola NTT. “Kalau kita terus lahirkan pemain berkualitas, kita tinggal memetik hasilnya untuk sepakbola NTT,” ungkapnya.

Sementara salah satu pendiri Masgibol NTT Danang Pamungkas mengaku bangga dengan perkembangan sepakbola NTT. “Kehadiran BU Academy Kupang dan SSB Bintang Timur dengan sistem manajemen pengelolaan yang baik tentu akan berdampak positif untuk kemajuan sepakbola NTT. Kami terus mendukung sepakbola NTT dengan cara kami, karena kami sudah memulainya dengan Masgibol NTT,” ujar Danang. (aps).