Bintangtimur.id — Jakarta — Dua mega bintang America Latin yang pernah merumput di klub papan atas Liga Indonesia Esteban Huracio Busto dan Ronald Fagundes akan menghadiri festival sepakbola usia dini di Kupang dan Atambua. Kedatangan dua mega bintang tersebut difasilitasi Manajemen Bintang Timur Froenteira dan Masgibol NTT.

“Saya dan Ronald sangat senang kalau diundang ke Kupang dan Atambua, untuk membagi ilmu bersama pemain muda NTT,” ungkap Esteban, saat pertemuan bersama pendiri SSB Bintang Timur Fronteira Fary Francis, di Jakarta, Sabtu (18/2).

Hadir dalam pertemuan tersebut Ronal Fagundes, Wakil Direktur SSB Bintang Timur Alma Costa, dan tim manajemen lainnya.
Menurut Esteban, dia sudah mendengar tentang SSB Bintang Timur saat seleksi Timnas U-19 oleh Coach Indra Sjafri, dan sudah melihat profil Bintang Timur, karena itu mereka tertarik mengunjungi dua tempat tersebut. “Saya bangga sekali kalau bisa lihat langsung lapangan SSB Bintang Timur dan bisa main di Kupang yaitu di lapangan Bali United Academy Kupang,” ujar Esteban, yang pernah merumput di Persikota, Persema, dan Persis.

Ronal Fagundes menambahkan, dia juga senang kalau bisa hadir diantara anak-anak NTT. Karena, dia tahu bahwa anak-anak NTT memiliki potensi yang luar biasa, sama seperti anak-anak Papua dan Makassar.

“Ini kesempatan bagi kami berdua untuk berbagi ilmu yang kami dapat selama jadi pemain dan akan menjadi pelatih. Kami sangat senang kalau dari NTT bisa ada pemainnya yang berada di Timnas Indonesia,” ujar Fagundes yang pernah merumput di PSM Makassar, PSIS, Persik Kediri, Persisam Samarinda.
Esteban dan Fagundes yakin, kalau semua potensi sepakbola bekerja sama, sepakbola NTT akan maju. “Sepakbola tidak akan berkembang kalau berjalan sendiri, harus ada kerjasama,” ujar Esteban dalam disksusi bola bersama Fary Francis.

Menurut Fary, pihaknya mengundang kedua pemain bintang Amerika Latin ini menghadiri festival sepakbola di Kupang dan Atambua. “Ternyata respon mereka berdua sungguh luar biasa. Mereka berdua punya mimpi yang sama dengan Masgibol yaitu untuk meningkatkan prestasi sepakbola Indonesia. Berarti kita satu visi dengan mereka berdua, sehingga kita mengundangnya,” ujar Fary.

Menyangkut waktu pelaksanaannya, Fary menyatakan, akan disesuaikan dengan jadwal festival sepakbola yang akan ditentukan manajemen SSB Bintang Timur dan BU Academy Kupang. “Kita akan koordinasi dengan Pak David Fulbertus menyangkut wakti pelaksanaannya. Kita rencanakan dalam waktu dekat ini, sekitar awal Maret,” ungkap Fary.

Fary berharap dukungan dari Masgibol dan masyarakat NTT, sehingga kegiatan festival sepakbola ini bisa dilaksanakan dengan baik. “Kita tidak bisa bekerja sendiri, dukungan Asprov PSSI NTT, Masgibol dan pelaku sepakbola lainnya sangat diharapkan. Kita harus bersama untuk sepakbola NTT yang lebih baik,” ujar Fary. (aps)