Bintangtimur.id-Bajawa—ASOSIASI PSSI Kabupaten Ngada menggelar seleksi perdana Timnas Indonesia U-19 wilayah Flores, di Stadion Lebijaga Bajawa, Rabu (15/3). Final seleksi dilakukan langsung Head Coach Timnas U-19 Indra Sjafri, Jumat (18/3).

Seleksi perdana diikuti ratusan pemain yang berasal dari Kabupaten Ngada, Nagekeo, Ende, dan Manggarai, dan dipimpin langsung panitia seleksi Timnas U-19 wilayah Flores.

“Hari ini belum semuanya datang dari kabupaten terdekat. Besok sudah ada yang komunikasi akan datang, sehingga kemungkinan besar bertambah jumlah peserta seleksinya,” ujar Ketua Panitia Seleksi Bernard F. Burah, kepada bintangtimur.id, Rabu (15/3).

Menurut Bernard, sebelum dilakukan seleksi, pihaknya sudah menginformasikan ke kabupaten di wilayah Flores untuk mengikuti seleksi yang dilakukan langsung Coach Indra Sjafri. Karena, ini merupakan momentum emas untuk sepakbola di wilayah Flores khususnya. “Kita bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Bupati Ngada yang memfasilitasi ini, sehingga bisa meminta langsung kepada PSSI Pusat agar Coach Indra bisa seleksi langsung untuk wilayah Flores di Bajawa,” tegasnya.

Menyangkut kedatangan Coach Indra dan rombongan, pihaknya sudah mempersiapkan acaranya, mulai dari penjemputan sampai dengan final seleksinya. “Kita juga sedang merencanakan adanya dialog bola dan siaran radio bersama Coach Indra di Radio Pemerintah Daerah (RPD) Kabupaten Ngada. Semuanya sedang kita siapkan,” ujarnya.

Senada dengan itu, Sekretaris Tim Seleksi Joyce Jawa menambahkan, persiapan untuk seleksi sampai tahap final sudah dilakukan semuanya. Tim pelatih yang melakukan seleksi juga sudah disiapkan, sehingga mereka bisa memilih pemain yang terbaik untuk bisa dilihat langsung Coach Indra saat final seleksi.

“Kami sudah menetapkan tim pelatih yang akan melakukan seleksi yaitu  Coach Kletus M Gabhe, Timotheus E.K. Sebo, Arnoldus Y. Siwemole, dan Coach Yohanes P. Soro Liko. Mereka nanti akan dibantu Asisten Coach masing-masing,” tegasnya.

Sebagai tim pelatih, Coach Timotheus E.K. Sebo dan Kletus Gabhe mengatakan, pihaknya optimis bisa memberikan yang terbaik kepada Coach Indra saat final seleksi nanti. “Kami yakin, pemain yang terpilih nanti tidak mengecewakan Coach Indra, sehingga bisa memudahkan proses seleksi yang dilakukan nantinya,” ujar Kletus.

Keyakinan yang sama disampaikan Coach Yohanes Liko dan Arnoildus Siwemole. Menurut mereka, secara fisik dan mental para pemain sudah sangat siap untuk mengikuti seleksi. “Kita berharap, dengan bertambahnya peserta seleksi nanti, semakin meningkatkan ketatnya persaingan di saat final seleksi,” ujar Siwemole. (aps)