Diperhelatan piala AFF 2018 kali ini, muncul nama Muhammad Rafli Mursalim, striker timnas u19 ini cukup menarik perhatian publik sepak bola tanah air. Meski belum selalu menjadi pilihan utama pelatih Indra Sjafri, pada pertandingan melawan Brunei kemarin M. Rafli Mursalim mampu membuktikan ketepatan pelatih memasukanya dalam lineup pertandingan.

Dengan gol cepat yang dicetaknya pada detik ke-38, M. Rafli Mursalim menjadi pelecut optimesme tim garuda muda yang menjadikan pertandingan versus Brunei itu sebagai laga penentuan kelangsungan Timnas Indonesia u19 untuk berlanjut kebabak berikut. Timnas u19 tidak hanya wajib menang, tapi juga harus menang dengan mencetak minimal 8 goal.

Dan dalam pertandingan penentuan tersebut, Garuda Muda berhasil unggul 8- 0 atas Brunei. Lagi- lagi sang striker Muhammad Rafli Mursalim mencatatkan namanya dalam pertandingan tersebut dengan mecetak hattrick.

Dari kalangan netizen pun banyak yang menilai kontribusi positif M. Rafli Mursalim pada kemenangan Timnas u19. Dari pantauan Bintangtimur.news, percakapan difacebook beberapa mengutip nama M. Rafli Mursalim.

Diantaranya lewat akun facebook Efri aditia mengungkapkan, secara keseluruhan pertandingan kredit lebih, menurutnya layak diberikan kepada Rafli Mursalim. Anak muda yang diambil Indra Sjafri dari Liga Santri ini membuat gol menit pertama yang krusial. “Ibarat orang mau ganti ban mobil, ia adalah tekanan kuat pertama yang membuat baut velg ringan diputar berikutnya,” tutur akun tersebut.

Gol jatuh bangunnya di menit satu itu membuat optimis tim. “Menit satu dah bikin gol, masih ada 89 menit lagi bos…ayooo, begitu kira2 pikiran seluruh punggawa tim. Setelah itu dia bikin gol pake kepala. Eeehh…gak gampang lo bikin gol pake kepala dengan posisi sambil berlari, keseringan kena bahu tauu.Gol ketiga yang ia cetak menjadi bukti bahwa dia sudah mendapat kredit juga dari rekannya.”, Lanjut akun milik eks wartawan ini memberikan analisanya.

Sekedar informasi, penyerang Garuda Muda M. Rafli Mursalim merupakan kualitas pemain yang lahir dari event Liga santri yang digagas Kemenpora Imam Nachrowi. Striker bernomor punggung sembilan ini merupakan santri di Pondok Pesantren Al Asy’Ariyah, Tangerang, Banten.

Dilansir dari situs resmi Liga Santri Nusantara, M Rafly adalah jebolan Liga Santri Nusantara (LSN) 2016, pada event tersebut Ia bahkan meraih gelar top scorer dengan torehan 15 gol sekaligus menyabet penghargaan pemain terbaik pada ajang tersebut. (ARS)